SOLOPOS.COM - Petugas melayani pembelian pertalite di SPBU Nglangon, Sragen, Jumat (8/4/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Petani di Kabupaten Sragen mengeluhkan ribetnya cara yang harus mereka tempuh untuk bisa membeli BBM bersubsidi menggunakan jeriken. Syarat harus pakai surat rekomendasi dari dinas dan pemerintah desa terkait dinilai merepotkan.

Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sragen mengusulkan agar pemerintah mengubah persyaratan surat rekomendasi diganti dengan Kartu Tani. “Ini menjadi solusi yang bisa memudahkan petani mendapatkan BBM bersubsidi untuk pertanian. Harusnya cukup dengan menunjukkan Kartu Tani,” ujar Ketua KTNA Sragen, Suratno, Senin (10/10/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ia mengakui mengurus surat rekomendasi pembelian BBM bersubsidi bagi petani sebenarnya mudah. Namun menurutnya, petani akan lebih senang lagi ketika cukup menggunakan Kartu Tani saja untuk beli BBM untuk pertanian.

“Walaupun pengurusan surat rekomendasi cukup mudah, tapi kendala dalam pengurusan surat rekomendasi kadang masih ditemui. Contohnya ketika petani dan kepala desa yang tidak bisa bertemu karena terkendala waktu,” tambah Suratno.

Baca Juga: Tanaman Roboh Diterjang Angin Kencang, Petani Jagung di Sragen Berharap Bantuan

Perihal, ide penggunaan Kartu Tani untuk pembelian BBM dalam jeriken disambut positif oleh pengelola SPBU Tunjungan, Fatchurrahman. Ia mengungkapkan ide tersebut baik karena sudah pasti pemilik Kartu Tani adalah petani, sehingga bisa tepat sasaran.

“Pembelian BBM dalam jeriken untuk pertanian masih diperbolehkan, asal pakai surat rekomendasi. Tapi usulan Pak Ratno petani cukup pakai Kartu Tani saja [untuk belum BBM pakai jeriken] sebenarnya bagus,” terang Rahman, sapaan akrabnya ditemui beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya