SOLOPOS.COM - Warga bersama sukarelawan, TNI, Polri, dan TRC BPBD, bergotong royong membangun penahan sementara di tanggul yang jebol di Dukuh Burikan, Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Klaten, Selasa (3/3/2015). Tanggul tersebut jebol akibat derasnya arus sungai. (Istimewa)

Bencana Klaten ini terkait tanggul di Burikan Cawas yang jebol pada Senin (2/3/2015).

Solopos.com, KLATEN – Bencana alam kembali terjadi di Klaten. Tanggul nonpermanen di Kali Jaran di Dukuh Burikan, Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Senin (2/3/2015), jebol.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Jebolnya tanggul di aliran sungai yang bermuara di Sungai Dengkeng tersebut dipicu derasnya arus dan banyaknya lubang tikus.

Informasi yang dihimpun dari Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC-BPBD) Klaten, tanggul itu jebol sekitar pukul 16.30 WIB.

Akibatnya, lima petak sawah yang luasnya sekitar satu hektare dan memasuki masa panen terkubur pasir dari luapan air sungai.

“Tanggul yang jebol sepanjang enam meter, lebar empat meter, dan tinggi tiga meter. Penyebab jebolnya tanggul karena banyak lubang tikus. Kerugiannya mencapai puluhan juta rupiah karena satu hektare sawah yang terkena pasir berusia tiga bulan dan sudah masa panen. Sedangkan yang terendam air sekitar 20 hektare, tetapi masih bisa diselamatkan,” kata Kades Burikan, Suradi, Selasa (3/3/2015).

Camat Cawas, Muhammad Nasir, menambahkan penanganan sementara untuk mencegah luapan air itu dengan memasang bambu, batang kayu, dan karung berisi tanah. Warga dibantu Muspika, sukarelawan, TNI, dan Polri bergotong-royong menutup jebolnya tanggul dengan penahan sementara, hari ini.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Sri Winoto, BPBD memberi bantuan 2.000 karung yang diisi tanah sebagai penahan sementara bagian tanggul yang jebol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya