SOLOPOS.COM - Warga membersihkan puing-puing rumah Giyatno di Dusun Mlangse Lor, Desa Tubokarto, Pracimantoro, Wonogiri, yang ambruk tertimpa pohon trembesi, Minggu (29/1/2017). (JIBI/Solopos/Istimewa)

Bencana Wonogiri, angin kencang mengakibatkan dua bangunan rusak parah dan belasan lainnya rusak ringan.

Solopos.com, WONOGIRI — Hujan lebat disertai angin kencang melanda tujuh kecamatan di Wonogiri, Minggu (29/1/2017). Akibatnya, dua rumah warga di Desa Tubokarto, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, rusak parah, sedangkan belasan rumah lainnya rusak ringan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Teras rumah milik warga Dusun Bendungan, Desa Tubokarto, Pracimantoro, Satiman, rusak parah akibat tertimpa pohon mundu. Kandang hewan ternak milik Satiman juga roboh tertimpa pohon tersebut.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Camat Pracimantoro, Warsito, mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. “Kerugian material diperkirakan antara Rp8 juta sampai Rp10 juta. Forkopincam, SAR, BPBD, bergotong royong memperbaiki rumah Satiman,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Pohon tumbang juga menimpa rumah milik Giyatno, warga Dusun Mlangse Lor, Desa Tubokarto, Pracimantoro, Wonogiri. Rumah milik Giyatno roboh karena tertimpa pohon trembesi. Beruntung saat pohon menimpa rumahnya, Giyatno beserta keempat anggota keluarganya sedang berada di rumah tetangganya sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Warsito menambahkan kerugian material di rumah Giyatno ditaksir Rp15 juta. Karena hal tersebut, Giyatno beserta seluruh anggota keluarganya mengungsi ke rumah saudara mereka.

“Warga sekitar, personel BPBD, personel SAR, dan Forkopincam langsung terjun untuk mengevakuasi kedua rumah korban. Sekitar pukul 15.00 WIB pohon tumbang sudah disingkirkan,” sambung Warsito.

Dia menambahkan hujan lebat dan angin kencang tersebut membuat belasan rumah di Dusun Mlangse Lor, Desa Tubokarto, juga mengalami kerusakan ringan karena tertimpa ranting-ranting pohon.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, mengatakan pada Minggu terjadi hujan deras dan angin menyebabkan pohon tumbang di tujuh kecamatan di Wonogiri. Ketujuh kecamatan tersebut yakni Selogiri, Wonogiri, Sidoharjo, Pracimantoro, Wuryantoro, Giriwoyo, dan Purwantoro. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Untuk penanganan evakuasi dibagi tiga tim rescue dari personel BPBD Wonogiri dibantu TNI, Polres, sukarelawan FPRB, dan warga setempat. Dukungan logistik untuk korban sudah didistribusikan serta kegiatan pemulihan telah dilakukan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya