SOLOPOS.COM - Profil lengkap Wali Kota Gibran Rakabuming Raka. (Istimewa/Jimboeng)

Solopos.com, SOLO–Berawal dari pengusaha katering, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memiliki segudang pengalaman di dunia bisnis.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Senin (23/10/2023), profil lengkap Gibran Rakabuming Raka ini lahir di Solo, 1 Oktober 1987 atau kini berusia 36 tahun merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Diketahui dari profil lengkapnya Gibran Rakabuming Raka merintis usaha dengan membuka usaha katering Chilli Pari dan pendiri perusahaan kuliner Markobar.

Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Wali Kota SOlo pada 26 Februari 2021 berpasangan dengan Sekretaris DPC PDIP Solo Teguh Prakosa. Dalam sejarah Kota Solo, diketahui Gibran Rakabuming Raka menjadi wali kota termuda, yakni pada usia 33 tahun.

Dari profil lengkap Gibran Rakabuming Raka, Gibran diketahui sejak kecil menetap di Solo, namun saat jenjang SMP pindah ke Singapura untuk melanjutkan sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada 2002 di Orchid Park Secondary School, Singapura.

Selanjutnya pada 2007 Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Sydney, Australia hingga lulus pada 2010.

Kemudian, profil lengkap Gibran Rakabuming Raka diketahui pada 11 Juni 2015, Gibran menikahi mantan Putri Solo, Selvi Ananda. Kurang setahun, tepatnya pada 10 Maret 2016, Selvi melahirkan anak pertama bernama Jan Ethes Srinarendra, dan pada 15 November 2019, Gibran dan Selvi dikaruniai anak perempuan bernama La Lembah Manah.

Karier bisnis dimulai sejak 2018, dari profil lengkap Gibran Rakabuming Raka, pada 9 Juni 2018, Gibran mendirikan sebuah aplikasi pencari pekerja lepas dan paruh waktu yang bernama Kerjaholic bersama Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, Daniel Hidayat.

Kerjaholic adalah sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan para pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari pekerja lepas dan paruh waktu. Pada 20 Juli 2019, Gibran bersama adiknya Kaesang Pangarep, Chef Arnold Poernomo dan Randy Julius mendirikan restoran bernama Mangkokku.

Sebelumnya, pada 17 Agustus 2018 ia membangun Goola bersama Kevin Susanto dan memperoleh pendanaan dari Alpha JWC Ventures senilai Rp 71 miliar.

Sedangkan pada 2020, Gibran mulai masuki dunia politik dengan mengikuti kontestasi Pilkada 2020 melalui PDIP. Saat itu, Gibran mendapat kritik dari sejumlah pengamat tentang tuduhan praktik politik dinasti dalam keluarga Joko Widodo yang masih menjabat Presiden.

Padahal, Gibran pernah menolak keberadaan dinasti politik di Indonesia.Selain itu, terdapat peraturan pemilu yang menghambat pencalonan Gibran sebagai kepala daerah.

Karier politik terus menanjak, dari catatan profil lengkap Gibran Rakabuming Raka, pada 22 Oktober 2023, Koalisi Indonesia Maju mengumumkan Gibran sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo pada pemilihan presiden 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya