SOLOPOS.COM - Warga Andong Boyolali, Harun Al Rosid, mengantar sapi kurban pesanan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Masjid Agung Solo, Sabtu (9/7/2022) sore. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Masjid Agung Solo, Sabtu (9/7/2022) sekitar pukul 16.30 WIB. Sapi berjenis limosin dengan bobot 1.010 Kilogram itu diangkut truk dari Andong, Boyolali.

Pantauan Solopos.com, proses penurunan sapi yang diberi nama Moli oleh pemiliknya, Harun Al Rosid, itu butuh penanganan khusus. Sebab sapi yang dibeli seharga Rp100 juta tersebut enggan turun dari truk yang mengangkutnya.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Butuh lima orang untuk menarik dan mendorong sapi itu turun dari bak truk. Empat orang menarik sapi menggunakan tali, dan seorang mendorong dari belakang. Beruntung tidak lama kemudian sapi itu berhasil diturunkan.

Selanjutnya sapi digiring ke tempat yang disediakan dan talinya diikat pada besi. Harun Al Rosid saat diwawancara wartawan mengaku bangga sapinya dibeli oleh Jokowi untuk kurban pada Iduladha 2022.

Baca Juga: Dramatis, Ini Proses Evakuasi Sapi Kurban Sukoharjo yang Tercebur Sumur

“Baru pertama ini sapi saya dibeli Pak Jokowi untuk kurban. Tentu saja perasannya luar biasa, sangat senang bisa dibeli untuk kurban Pak Presiden, orang nomor satu di Indonesia. Kondisi kesehatan sapi bebas cacing, bebas parasit,” tutur dia.

Harun menjelaskan sapinya merupakan hasil peranakan sendiri dan kini berusia lima tahun. Selama ini perawatan sapi diberi makan dan minum dengan cara dikombor seperti biasa. Tapi sejak dibeli untuk kurban Jokowi, si sapi di-lockdown.

“Setelah dibeli Pak Presiden, sapi kami lockdown untuk menghindari PMK [penyakit kuku dan mulut]. Kandang disemprot disinfektan pagi dan sore hari. Kami lockdown dengan kandang tak boleh dikunjungi selain anak kandang,” urai dia.

Proses lockdown tersebut menurut Harun berlangsung selama beberapa hari terakhir ini. Di sisi lain, sapi kurban dari Jokowi di Masjid Agung Solo akan disembelih bareng sapi kurban lain seusai Salat Iduladha pada Minggu (10/7/2022) pagi.

Baca Juga: Duh, Sapi Kurban di Sukoharjo Tercebur Sumur Sedalam 15 Meter

Ketua Takmir Masjid Agung Solo, Muhtarom, saat diwawancara wartawan mengatakan pihaknya mengikuti keputusan pemerintah terkait perayaan Iduladha termasuk kurban. Di momentum Iduladha dia berharap Indonesia jadi damai.

“Masjid Agung Solo mengikuti keputusan pemerintah dalam pelaksanaan Iduladha termasuk kurban. Untuk sapi kurban dari Pak Jokowi memang sudah rutin setiap Iduladha, sejak beliau menjadi Wali Kota Solo,” terang dia.

Muhtarom mengatakan ada tujuh sapi kurban yang dipasrahkan ke Takmir Masjid Agung Solo untuk disembelih dan dagingnya didistribusikan. Rencananya, menurut dia, daging kurban dibagikan ke warga sekitar dan sejumlah masjid di Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya