SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik Lebaran (Freepik)

Solopos.com, WONOGIRI — Kaum boro asal Wonogiri menyambut baik dibukanya keran mudik oleh pemerintah pusat, beberapa waktu lalu. Sebelum munculnya pandemi Covid-19, jumlah kaum boro Wonogiri yang pulang ke kampung halaman saat Lebaran selalu bertambah dari tahun ke tahun.

Di Wonogiri, kaum boro yang ingin mudik dengan menumpang bus biasanya terbagi menjadi dua kategori. Masing-masing, pengguna program Mudik Gratis dan pemudik reguler (tidak melalui Mudik Gratis).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mudik Gratis merupakan program Pemkab Wonogiri guna memfasilitasi kaum boro yang ingin pulang ke kampung halaman saat Lebaran tapi tidak mampu secara finansial. Sejak pandemi Covid-19 muncul (tahun 2020), program tersebut ditiadakan.

Baca Juga: Kaum Boro Wonogiri Baru Berbondong-Bondong Balik ke Perantauan, Ini Alasannya

Jumlah pemudik gratis selalu terdata di Terminal Tipe A Giri Adipura. Berikut daftar pengguna program Mudik Gratis di Wonogiri sejak tahun 2017.

1. Tahun 2017

Di tahun ini, Pemkab Wonogiri mengerahkan 200 bus. Dari jumlah bus tersebut mampu menampung 4.935 Penumpang.

2. Tahun 2018

Baca Juga: Dua Hari, 7.000 Lebih Kaum Boro Wonogiri Balik ke Perantauan

Di tahun ini, jumlah bus yang dikerahkan Pemkab Wonogiri naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan di tahun 2017. Di tahun 2018, jumlah bus yang dikerahkan mencapai 426 Bus dengan membawa 12.351 Penumpang.

3. Tahun 2019

Pemkab Wonogiri lagi-lagi menambah jumlah bus. Di tahun ini, total bus yang dikerahkan mencapai 580 Bus. Pengguna program Mudik Gratis di tahun ini naik signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Di tahun 2019, terdapat 20.438 penumpang yang menggunakan pelayanan Mudik Gratis.

4. Tahun 2020-2021

Pemkab Wonogiri meniadakan program Mudik Gratis. Penyebabnya, muncul pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya