SOLOPOS.COM - Pemuda asal Plumbungan, Karangmalang, Sragen, Edtwin Sulispriyanto (dua dari kanan) menerima penghargaan dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo karena menjadi juara utama Lomba Krenova Provinsi Jateng 2023, belum lama ini. (Istimewa/Bapperida Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Edtwin Sulispriyanto, seorang pemuda asal Perumahan Plumbungan Indah III RT 026/RW 008, Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Sragen, menjadi juara I pemenang utama dalam Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) 2023.

Pemuda itu berhasil membawa nama Sragen ke level provinsi lewat produk inovasinya detergen cair sampah organik (Decaso). Selain tujuh pemenang utama dalam lomba Krenova Provinsi Jateng, ada juga tujuh pemenang harapan dan tiga juara favorit.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Tujuh pemenang utama selain dari Sragen, yakni berasal dari Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Batang, Kendal, Cilacap, dan Pemalang. Sedangkan pemenang harapan berasal dari Kabupaten Kudus, Kota Solo, Kabupaten Brebes, Temanggung, Kendal, Wonogiri, dan Magelang.

Masing-masing pemenang utama mendapatkan uang pembinaan Rp10 juta. Para pemenang itu tertuang dalam SK Gubernur Jateng No. 072.1/55 Tahun 2023, tertanggal 30 Agustus 2023.

“SK baru terbit semalam. Saat lomba pesertanya sekitar 48 inventor. Piala diserahkan langsung Pak Gubernur di Brebes pada 19 Agustus 2023 lalu. Sekarang kami masih memproduksi Decaso dan laku cukup keras untuk komunitas ekologi. Setiap botolnya dijual dengan harga Rp15.000. Agustus ini, kami memproduksi 180 botol,” ujar Edtwin saat dihubungi Solopos.com, Kamis (31/8/2023).

Dia mengatakan semua produk itu masih promosi sampel produk kepada konsumen. Dia mengungkapkan yang laris justru pelatihannya, yakni pelatihan olah sampah organik di sejumlah kabupaten, seperti di Banyumas, Wonosobo, Sanggau Kalimatan Barat, dan Rumah Planet Bandung.

“Sragen malah belum sendiri. Harga jual itu kalau dengan penggerak lingkungan hidup bisa Rp18.000 karena yang Rp3.000 masuk ke Pojok Karya Ekologi Komunitas Laudato Si Indonesia, sebuah komunitas yang didukung Gereja Katolik,” katanya.

Analis Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sragen, Yuliyanto Teguh Haryono, menyampaikan produk Decaso juga sudah diseminasi oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Jawa Tengah di Wonosobo, tepatnya di Desa Talunombo pada 22 Agustus 2023. Dia mengatakan Wonosobo merupakan kabupaten dengan pengolahan sampah terbaik di Jateng.

Detergen merupakan produk kimia yang umumnya digunakan dalam aplikasi pembersih yang berpotensi mengancam biodiversitas. Detergen dibuang ke perairan yang menyebabkan pencemaran ekologi serius dan sulit didegradasi.

Detergen menjadi salah satu produk rumah tangga yang bisa merusak keseimbangan alam. Atas dasar itulah, Edtwin membuat produk ramah lingkungan Decaso yang memiliki fungsi yang sama dengan detergen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya