SOLOPOS.COM - Pangdam IV/Diponegoro Mayjend TNI Widi Prasetijono (berjalan di depan) hadir pada penutupan program TMMD Reguler ke-118 di Desa Rejosari, Jatisrono, Wonogiri, Kamis (19/10/2023). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD Reguler ke-118 Kodim 0728/Wonogiri sudah selesai dan resmi ditutup dengan upacara di Lapangan Desa Rejosari, Jatisrono, Wonogiri, Kamis (19/10/2023). 

Berkat program itu, warga Desa Rejosari, Jatisrono, Wonogiri, kini bisa bernapas lega karena akhirnya terbebas dari masalah krisis air bersih yang melanda setiap musim kemarau.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Program pembangunan infrastruktur program TMMD itu menelan anggaran senilai total Rp2,3 miliar. Kepala Desa Rejosari, Surat, mengatakan ada 12 program pembangunan fisik dalam program TMMD Reguler di Desa Rejosari.

Semua program itu dirasakan dan dimanfaatkan warga desa secara langsung. Salah satu program yang paling berdampak yaitu penyediaan sarana dan prasarana air bersih di Dusun Kambu berupa sumur dan pipanisasi.

Setidaknya ada dua rukun tetangga (RT) dengan 26 keluarga di Dusun Kambu, Rejosari, Jatisrono, Wonogiri, yang tidak lagi mengalami krisis air bersih saat kemarau seperti sekarang ini.

“Biasanya, kalau kemarau, warga dusun itu kekurangan air bersih karena memang sulit menemukan sumber air bersih,” kata Surat kepada Solopos.com, Jumat (20/10/2023).

Surat menyebut program TMMD Reguler ke-188 ini menelan anggaran senilai Rp2,3 miliar yang bersumber dari APBD Wonogiri senilai Rp1,628 miliar, APBD Provinsi senilai Rp231 juta, dan swadaya masyarakat senilai Rp454 juta.

Selain penyediaan sarana dan prasarana untuk mengatasi krisis air bersih, pembangunan fisik lain dalam program TMMD di Rejosari, Wonogiri, berupa pembangunan jalan beton sepanjang 702 meter dan lebar 3 meter di Dusun Jegoh.

Selain itu juga pembangunan jalan beton sepanjang 81 meter dan lebar 3 meter di Dusun Rejosari. Sejumlah jembatan yang semula rusak akibat diterjang banjir dan berumur tua pun menjadi sasaran pembangun fisik TMMD.

Salah satu jembatan yang dibangun itu berada di Dusun Pencil yang sudah terputus sejak 20 tahun lalu. Jembatan sepanjang tujuh meter dan lebar enam meter itu cukup vital karena menghubungkan antardusun dan desa sekaligus. 

Kemudahan Akses Produk Pertanian

“Jembatan lain sebenarnya ada yang bisa dilewati tetapi lebih jauh,” kata Surat saat dihubungi Solopos.com, Minggu (24/9/2023).

Surat melanjutkan pembangunan jalan dan jembatan itu akan berdampak pada kemudahan akses pengiriman komoditas pertanian warga ke Jatisrono. Selama ini warga desa yang mayoritas mata pencahariannya sebagai petani kerap terkendala akses jalan untuk membawa hasil pertanian dari ladang atau kebun mereka.

Dia menambahkan program TMMD itu juga merehab satu rumah tidak layak huni (RTLH) milik warga. Dua rumah ibadah, musala dan gereja di Dusun Pencil juga direhab.

Menurut dia, tanpa bantuan dari berbagai pihak, terutama program TMMD, sulit bagi pemerintah desa mewujudkan pembangunan berskala besar seperti itu. 

“Sebenarnya, kalau pakai dana desa bisa-bisa saja. Tetapi nanti program lain jadi tidak bisa berjalan. Maka dari itu, kami warga Desa Rejosari berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat,” ujar dia.

Panglima Daerah Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono, berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com, mengatakan TMMD Reguler itu bisa menjadi momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong antara TNI dan masyarakat.

Program TMMD Reguler yang telah dikerjakan selama lebih kurang sebulan itu dinilai telah dilaksanakan dengan baik. Hal itu terbukti dengan semua elemen masyarakat, termasuk ibu-ibu desa turut membantu menyelesaikan pembangunan fisik.

Program ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam pemerataan pembangunan sehingga berdampak pada pemerataan kesejahteraan warga sampai di desa-desa. 

“Kami berterima kasih kepada para prajurit, anggota Polri, pemerintah daerah dan masyarakat yang telah bahu membahu menyelesaikan TMMD Reguler ke-118 2023 ini,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya