SOLOPOS.COM - Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menggandeng Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri pelantikan Hevearita Gunaryanti Rahayu sebagai Wali Kota Semarang di Gedung Gradhika Bakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Senin (30/1/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, terus saja disebut-sebut sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta dan Jawa Tengah (Jateng).

Kabar terbaru, nama Gibran bersanding dengan tiga nama mentereng yaitu Abdullah Azwar Anas, Tri Rismaharini, dan Hendrar Prihadi. Abdullah Azwar Anas kini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dia mengawali kiprah politiknya dengan menjadi Anggota DPR RI periode 2004-2009. Azwar Anas juga pernah menjabat Bupati Bayuwangi, Jawa Timur (Jatim), selama dua periode. Begitu juga Tri Rismaharini, adalah Menteri Sosial sejak 2020.

Perempuan berkerudung yang dikenal tegas itu pernah menjadi Wali Kota Surabaya selama dua periode. Sedangkan Hendrar Prihadi adalah seorang politikus dengan latar belakang pengusaha atau pebisnis. Dia juga pernah menjadi Ketua KNPI Jateng.

Sejak 2022, Hendi, panggilan akrabnya, menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Bisa bersanding dengan tiga tokoh matang pengalaman itu tentu sebuah capaian penting bagi Gibran.

Saat dimintai tanggapan Solopos.com melalui pesan WhatsApp (WA), Kamis (9/2/2023), memberikan tanggapan serius terkait hal itu. Ayah dari Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah itu menilai lebih baik seniornya yang maju di Pilkada DKI Jakarta.

“Saya ini masih belajar. Lebih baik para senior saja yang maju,” tulis dia.

Terkait sikapnya itu, Gibran menekankan keseriusannya. Termasuk saat disinggung bagaimana sikapnya bila DPP PDIP atau Ketua Umum PDIP menjatuhkan rekomendasi ke dirinya.

“Yang ditugasi [maju di Pilkada DKI Jakarta] pasti yang lebih senior,” ungkap dia. Lebih jauh Gibran menyatakan dirinya masih fokus membangun Solo. Setelah hampir dua tahun memimpin Solo, dia mengakui masih banyak PR yang harus diselesaikan.

Sementara saat ditanya apakah dirinya akan maju di Pilkada Jateng 2024, Gibran pun menepis kemungkinan itu. Dia hanya menjawab singkat dengan menyebut kota yang sedang dipimpinnya. “Solo,” tulis dia sembari mengakhiri perbincangan.

Di sisi lain, terbaru Gibran dipasangkan dengan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, di Pilkada Jateng 2024. Dua kepala daerah muda itu dinilai serasi untuk memimpin Jateng 2024 hingga lima tahun ke depan. Gibran dan Dico pun tak menampik peluang itu. Tapi, mereka mengakui proses untuk menuju ke sana masih panjang dan keputusan akhir ada di DPP partai politik (parpol) masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya