SOLOPOS.COM - Pejabat Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, saat diwawancara wartawan di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Minggu (4/6/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Jemaah haji Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang meninggal dunia hingga hari ke-15 pemulangan ke Tanah Air, Sabtu (15/7/2023), bertambah dua menjadi 100 orang. Sebanyak 92 orang di antaranya dari Jawa Tengah, delapan sisanya dari DIY.

Informasi itu disampaikan Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo, Gentur Rama Indriyadi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Dia menjelaskan, dua orang anggota jemaah haji Debarkasi Solo yang meninggal dunia di Tanah Suci terakhir dilaporkan atas nama Sartinem Moh Sukar, 86, warga Purwodadi, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, tergabung kloter 78. Ia meninggal di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) pada Kamis (13/7/2023), pukul 00.00 waktu Arab Saudi (WAS), karena sakit cardiogenic shock.  Jenazahnya dimakamkan di Sharae Arab Saudi .

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Satu haji lainnya asal Jawa Tengah yang meninggal yakni Rumisih Marju Kastowakit, 71, warga Bermi, Kabupaten Pati, Jateng. Ia tergabung di kloter 78. Rumisih juga meninggal di RSAS, Kamis pukul 16.01 WAS, karena sakit Septi Shock. Jenazahnya sudah dimakamkan di Sharae Arab Saudi.

“Sedangkan, jamaah yang sakit di Tanah Suci ada 55 orang semuanya dirawat di Mekah, Arab Saudi,” kata Gentur.

Sementara itu, PPIH Debarkasi Solo hari ini dijadwalkan memulangkan empat kloter jemaah haji. Mereka adalah jemaah haji kloter 28 asal Magelang dan Kebumen pada pukul 03.39 WIB, kloter 29 asal Kebumen pukul 07.27 WIB, kloter 30 asal Kebumen pukul 13.25 WIB, dan kloter 31 asal Kebumen dan Brebes, pada pukul 21.50 WIB.

Jamaah haji kloter 28 asal Magelang dan Kebumen sebanyak 260 orang telah tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Mereka sudah dipulangkan ke daerah asal. Kemudia jemaah haji kloter 29 dengan jumlah 359 orang juga telah dipulangkan ke daerah masing-masing.

“Kami kini sedang proses pemulangan jamaah haji kloter 30 asal Kebumen yang mendarat di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pukul 13.25 WIB. Sudah dibawa menuju Asrama Haji Donohudan untuk proses pemulangan ke daerahnya,” katanya.

Gentur menambahkan, pemulangan jemaah haji Debarkasi Solo hingga kloter 30 sudah sebanyak 10.755 haji atau sekitar 30,5 persen dari total 35.270 orang yang diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya