SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP yang juga mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo bertemu empat mata dengan Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin (26/12/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ketua DPC PDIP Solo yang juga mantan Wali Kota Solo dua periode, FX Hadi Rudyatmo alias Rudy, buka-bukaan tentang isi pembicaraannya dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat bertemu di Istana Negara Jakarta, Senin (26/12/2022) sore.

Ia mengatakan pertemuannya dengan Presiden yang untuk silaturahmi dan tidak ada pembicaraan mengenai reshuffle kabinet. “La kene silaturahmi kok. Dadi aku nek teng Jakarta, mesti laporan Pak Menteri Sekretaris Negara. Kalau longgar saya tak sowan mampir [Istana]. Karena sudah dipesan, kalau di Jakarta mbok mampir, pesene beliau [Jokowi],” ujarnya saat diwawancarai Solopos.com, Selasa (27/12/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Rudy menegaskan dalam pembicaraan yang berlangsung pukul 17.00 WIB sampai 18.00 WIB itu tidak menyinggung soal politik. “Mung bahas keluarga, juga ngunduh mantu kemarin sukses,” imbuhnya.

Menurut Rudy, saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara itu, ia juga sempat menyinggung kondisi istrinya yang pada acara tasyakuran ngunduh mantu tidak bisa hadir karena jari kakinya retak. “Ya wes ngono-ngono kui. Enggak ada bahas yang lain,” terangnya.

Rudy menyatakan tidak ada pembicaraan mengenai reshuffle kabinet saat pertemuan itu, termasuk tentang isu politik juga tidak disinggung sama sekali. Dia juga tak membahas soal kondisi Solo.

Baca Juga: Rudy Temui Jokowi di Istana di Tengah Isu Reshuffle Kabinet

Rudy mengaku menyadari dirinya bukan lagi seorang pejabat pemerintahan seperti sebelumnya. “Aku mengko nek ngomong soal liyane, wong aku gur rakyat, RT we ora, nek ngomong-ngomong masalah anu ya ora pas ta ya,” kilah Rudy.

Sementara soal amplop cokelat di meja Jokowi yang terlihat di foto kebersamaan mereka, Rudy mengaku tidak tahu menahu. Rudy menyatakan saat bertemu Jokowi, dirinya hanya datang membawa badan. Menurut dia, amplop itu milik Jokowi.

Bahas Gibran ke UEA

“Ya punyake sana ta ya, wong aku rono uwong tok kok. Sebelum saya juga ada tamu,” paparnya. Kembali ke soal reshuffle kabinet dan sikapnya yang tidak mau menjadi menteri di era Presiden Jokowi, Rudy menjawab diplomatis.

Ia merasa dirinya tak mumpuni untuk menjadi menteri. Riwayat pendidikan formal jadi alasan. “Mboten, mboten. Wong kula ya nglenggana kok. Sekolahe mung setengah mati kok. Menteri membantu Presiden ya kudu mumpuni ta ya. Sekolahku mung lulus STM,” urai dia.

Baca Juga: Wah! Eks Wali Kota Solo Rudy Bertemu 4 Mata dengan Presiden Jokowi di Istana

Rudy mengaku sempat menyampaikan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang juga putra sulung Jokowi, sedang dalam lawatan ke Uni Emirat Arab (UEA). Respons Jokowi dengan laporan Rudy ternyata menggelitik.

“Oh aku ya matur Mas Gibran iki neng Abu Dhabi. Hooh, ngono tok i jawabe. Lah piye, lah wong mung hooh jawabe,” katanya. Rudy juga menyatakan pertemuan itu tidak menyinggung Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, berdasarkan foto yang diperoleh Solopos.com mengenai Rudy yang bertemu Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/12/2022), tampak Rudy mengenakan kemeja batik lengan panjang. Sedangkan Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang yang sudah menjadi trade mark-nya selama ini.

Di salah satu foto terlihat Rudy sedang duduk di kursi berhadap-hadapan dengan Jokowi. Di foto itu Rudy tersenyum ke arah kamera sembari mengacungkan jempol kanannya. Sedangkan Jokowi tersenyum tipis sambil memegangi tangannya.

Baca Juga: Rudy Ngaku Bahas Nasib Sriwedari Solo saat Ketemu Presiden Jokowi di Istana

Amplop Cokelat

Dua gelas minuman tersaji di meja depan mereka dan ada satu amplop besar berwarna cokelat di depan Jokowi. Di foto yang lain, mantan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo itu berfoto bersama di depan Istana. Mereka berfoto sambil berdiri.

Lagi-lagi, terlihat Rudy tampak tersenyum ceria dengan memegang tangannya. Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, saat dihubungi Solopos.com melalui pesan Whatsapp (WA), Senin malam, mengonfirmasi foto FX Hadi Rudyatmo bertemu Presiden Jokowi diambil baru-baru ini.

Pertemuan empat mata Rudy dengan Presiden Jokowi di Istana Negara bukan kali pertama ini terjadi. Pada akhir Agustus lalu, FX Hadi Rudyatmo juga bertemu empat dengan Presiden Jokowi.

Pertemuan itu terjadi dua bulan berselang dari meninggalnya Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo. Pertemuan kedua tokoh asal Solo itu pun langsung ramai jadi perbincangan dan memunculkan spekulasi bahwa Rudy akan diangkat jadi Menteri PAN dan RB menggantikan Tjahjo.

Baca Juga: Dikabarkan bakal Diangkat Jadi Menteri PAN dan RB, Ini Jawaban Rudy PDIP Solo

Namun, spekulasi itu ditepis oleh Rudy dan faktanya hingga kini memang Rudy tidak diangkat menjadi menteri. Rudy saat itu mengatakan pertemuan pada akhir Agustus itu membahas banyak hal termasuk soal penyelesaian masalah tanah Sriwedari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya