SOLOPOS.COM - Pemandangan dari objek wisata Taman Watu Adeg di Desa Pucung, Kismantoro, Wonogiri. (Youtube PSW Channel)

Solopos.com, WONOGIRI — Objek-objek wisata baru bermunculan di Wonogiri dengan memanfaatkan kondisi alam yang berbukit dan pemandangan indah dari ketinggian, salah satunya Taman Wisata Watu Adeg di Dusun Gandring, Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri.

Objek wisata itu tergolong baru. Menurut informasi yang dihimpun Solopos.com, Taman Wisata Watu Adeg baru dibuka beberapa hari setelah Lebaran 2023. Lokasinya di ketinggian bukit dengan pemandangan hamparan perbukitan dan langit yang membuat pengunjung merasa seperti berada di negeri di atas awan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Untuk menuju objek wisata yang berjarak sekitar 60 km arah tenggara dari pusat kota Wonogiri itu membutuhkan waktu kurang lebih dua jam. Pengunjung bisa melewati jalan Wonogiri-Purwantoro sampai pusat Kecamatan Purwantoro. Kemudian mengambil arah ke Kismantoro. Arah ke Taman Wisata Watu Adeg, Wonogiri, bisa dilihat juga di Google Maps.

Harga tiket masuk ke objek wisata di Krismantoro, Wonogiri, cukup terjangkau yakni Rp5.000 per orang dan jangan lupa membayar retribusi parkir. Tiket masuk sudah termasuk minuman khas daerah Kismantoro yang dapat diperoleh di warung yang ditunjuk petugas.

Setelah itu pengunjung bisa langsung masuk. Tersedia beberapa bangunan gazebo untuk bersantai sembari menikmati keindahan alam. Terdapat pula beberapa warung makan yang menjual aneka jajanan dan minuman. Kemudian ada fasilitas toilet.

objek wisata watu adeg wonogiri
Gazebo untuk menikmati pemandangan dari ketinggian di objek wisata Taman Watu Adeg, Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri. (Youtube PSW Channel)

Mengutip video di kanal Youtube @PSWCHANNEL, objek wisata di tenggara Wonogiri ini baru saja dibuka tahun ini yaitu pada akhir pekan setelah Lebaran 2023. Pengunjung yang ingin menikmati pemandangan di gazebo yang disediakan dapat menuruni anak tangga terlebih dahulu sekitar 300 meter.

Tak perlu khawatir, anak tangga di Taman Wisata Watu Adeg Wonogiri itu sudah dibangun dari bata dan diplester. Selain itu ada pegangan dari kayu sehingga cukup aman. Jalan menuju gazebo juga sudah rata dan halus meskipun masih berupa tanah.

Setelah menuruni anak tangga, pengunjung akan sampai pada tanah datar di bibir tebing dengan pagar pembatas menyerupai balkon. Dari tempat itu, akan langsung tersaji pemandangan hamparan perbukitan berlapis-lapis di sisi utara dari objek wisata Taman Watu Adeg.

Taman Wisata Watu Adeg berlokasi sangat dekat dengan perbatasan Wonogiri-Pacitan. Wisata ini terlihat bersih dan disediakan tempat sampah serta terdapat petugas kebersihan. Pengunjung objek wisata ini biasanya lebih ramai ketika hari-hari libur.

Bagi yang gemar berfoto ria disarankan membawa kamera karena pemandangan yang disajikan akan sangat memukau mata dan layak untuk diabadikan. Pengunjung juga disarankan memakai pakaian yang nyaman sebab untuk sampai di lokasi perlu menuruni banyak anak tangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya