SOLOPOS.COM - Ilustrasi marching band. (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar akan menggelar upacara peringatan Hari Jadi ke-105 Kabupaten Karanganyar di lapangan Alun-alun setempat pada Jumat (18/11/2022) pagi. Upacara tersebut akan dimeriahkan parade marching band dari TNI AU Yogyakarta.

Grup marching band ini akan long march dari Alun-alun menuju Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Karanganyar. Selain penampilan marching band, juga akan dimeriahkan pertunjukan kolosal dari perguruan silat se-Karanganyar.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan upacara peringatan Hari Jadi akan dimulai pukul 07.30 WIB. Para peserta upacara mengenakan pakaian adat Jawa jangkep lengkap dengan keris. Upacara akan diikuti pegawai dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan BUMD juga instansi vertikal di Karanganyar.

“Di upacara ini akan ada pertunjukan kolosal yang semuanya dimainkan oleh para pesilat. Mereka dari berbagai perguruan silat di Karanganyar,” katanya ketika dijumpai di ruang kerjanya pada Kamis (17/11/2022).

Pertunjukan kolosal kali ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Di tahun ini, Bupati meminta agar pemain pertunjukan kolosal berasal dari perguruan silat. Keterlibatan para pesilat ini untuk menjaga kekompakan antarperguruan. Hal ini sekaligus meminimalkan bentrokan antarkelompok silat yang kerap terjadi. Selain kolosal, juga akan ada pelepasan 105 burung derkuku yang menjadi simbol Raden Mas Said.

Baca Juga: Pemkab Karanganyar Gelar Sunatan Massal, Peserta Membeludak

“Ada pula nanti aero modelling dan parade marching band dari TNI AU Yogyakarta,” katanya.

Bupati menuturkan parade marching band tersebut sekaligus menutup rangkaian upacara Hari Jadi Karanganyar. Dalam parade marching band itu para tentara akan unjuk kebolehan di sepanjang Jalan Lawu, dari Alun-alun menuju Rumdin Bupati.

“Masyarakat silakan boleh melihat dan menikmati pertunjukan kolosal, aero modelling, parade marching band,” sambung Yuli, sapaan akrab Bupati.

Seusai upacara, Bupati akan membuka lomba renang memperebutkan piala Bupati Karanganyar 2022 di Kolam Renang Intanpari. Selanjutnya ia akan meresmikan desa wisata Telaga Kusuma di Desa Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya