SOLOPOS.COM - Suasana lengang Jl Gatot Subroto, Solo, Jumat (28/4/2023) pagi. Dinas Perhubungan Kota Solo akan menutup Jl Gatot Subroto, Sabtu (29/4/2023) pukul 21.00 WIB untuk puncak acara Solo Menari 2023. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo bakal menutup Jl Diponegoro dan Jl Gatot Subroto (Gatsu), tepatnya kawasan Gatsu, Solo, Sabtu (29/4/2023) untuk mendukung kegiatan Solo Menari 2023.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo Ari Wibowo menjelaskan Jl Diponegoro dan Jl Gatsu ditutup total untuk kegiatan yang bakal dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Solo Menari 2023.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Solo Menari, Jl Diponegoro ditutup pukul 06.00 WIB untuk persiapan sampai dengan  parade becak bergerak sekitar pukul 09.30 WIB,” kata dia dihubungi Solopos.com, Jumat (28/4/2023) petang.

Ari menjelaskan peserta Solo Menari 2023 bakal berjalan dari kawasan Ngarsapura, Jl Slamet Riyadi, dan Jl Jenderal Sudirman, menuju arah Balai Kota Solo. Sepanjang Jl Slamet Riyadi ada atraksi dan pemasangan sound system.

“Untuk Jl Slamet Riyadi situasional. Petugas membantu pengaturan lalu lintas, situasional menunggu perkembangan kondisi lapangan,” ungkapnya.

Sementara itu, kata Ari, Jl Gatsu ditutup pukul 21.00 WIB sampai puncak acara Solo Menari 2023 selesai. Sutradara Solo Menari 2023 Boby Ari Setiawan membenarkan rencana penutupan jalan itu untuk mendukung rangkaian Solo Menari 2023.

Dia mengatakan konsep Solo Menari 2023 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dia membawa konsep membaca ruang dimana pertunjukkan itu tak terbatas. Berbagai sudut Kota Solo memiliki potensi untuk dijadikan ruang pertunjukkan tari.

“Semua orang merasakan euforianya. Kalau kamu menonton, bukan jadi penonton saja namun menjadi bagian dari penari itu,” ungkapnya.

Boby menjelaskan rangkaian acara dimulai dengan Tari Massal Bedhayan Naradipta yang melibatkan 700 penari dari Kota Solo dan luar Kota Solo di koridor Ngarsapura pukul 07.00 WIB. Penari melibatkan penari berkebutuhan khusus yang diberikan latihan oleh Boby sebelumnya.

Lokasi berikutnya adalah Pasar Gede pukul 10.00. Pentas tidak memakai panggung namun memakai seluruh ruang Pasar Gede sebagai tempat pentas tari yang mengisahkan Ramayana.

Para pemain pada atraksi itu berinteraksi dengan penjual serta pengunjung Pasar Gede sehingga tidak ada pembatas bagi penonton maupun pemainnya. Konsep ini bakal menarik tamu ke Pasar Gede.

Panggung berikutnya merupakan gang-gang atau sejumlah lorong Kampung Batik Kauman mulai pukul 14.30 WIB. Atraksi yang bakal ditampilkan adalah fashion dan dance untuk mengedukasi Batik Kauman.

Panggung berikutnya di lantai dasar sampai lantai paling atas Solo Paragon Mall pukul 16.00 WIB. Atraksinya adalah modern dance performance. Selanjutnya gelar tari rakyat di Balai Kota Solo pukul 19.00 WIB.

Puncak perayaan Hari Tari Nasional pada Solo Menari 2023 adalah urban street dance performance di Jl Gatot Subroto pukul 21.00 WIB. 

Penari turun ke jalan, ada DJ, serta atraksi lampu-lampu. Total orang yang terlibat di seluruh rangkaian Solo Menari 2023 sebanyak 3.000 orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya