SOLOPOS.COM - Solo Batik Carnival 2023. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO– Pemkot Solo menutup total Jl Bhayangkara, Solo Jumat (7/7/2023) pukul 18.00 WIB sampai Sabtu (8/7/2023) pukul 18.00 WIB. Selain itu, Pemkot Solo akan melakukan buka tutup Jl Slamet Riyadi, Solo, Sabtu (8/7/2023) pukul 15.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Manajemen rekayasa lalu lintas itu dilakukan Pemkot Solo untuk event Solo Batik Carnival (SBC) ke-14. SBC 2023 mengusung tema Hastha Sawanda yang berarti mengangkat delapan ketentuan normatif yang berkolaborasi menjadi satu kesatuan bagi seorang penari agar bisa membawakan tarian yang mampu menghipnotis audiens.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hastha Sawanda berupaya melestarikan budaya batik Indonesia serta menambah kreativitas dalam hal seni pertunjukan tari yang dikemas melalui pagelaran karnaval. Adapun fasilitas parkir yang disediakan bagi penonton, yakni fasilitas parkir on street di  Jl. Dr. Soepomo.

Selanjutnya Jl. Honggowongso, Jl. Gajah Mada, Jl. Kartini, Jl. Diponegoro, Jl. KH. Ahmad Dahlan, Jl. Imam Bonjol, Jl. Museum, Jl. Gatot Subroto, Jl. Yos Sudarso.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo Is Purwaningsih  menjelaskan opening dan perform SBC ke-14 dilakukan di depan Stadion Sriwedari, Solo.

“Yang berbeda tahun ini kita mengundang masyarakat untuk duduk di tribun di panggung utama di Jl Bhayangkara sebanyak 300 orang. Nanti mereka duduk di panggung kehormatan untuk menyaksikan performanya Solo Batik Carnival. Jl Bhayangkara ditutup total,” jelasnya kepada Solopos.com, Jumat (7/7/2023).

Setelah itu, kata Is, peserta SBC akan melakukan kirab dari pertigaan Sriwedari, sampai Balai Kota Solo. Pemkot Solo melakukan buka tutup jalan di Jl Slamet Riyadi dan Jl Jenderal Sudirman.

“Jadi pada saat nanti mungkin waktu longgar  dibuka, pada saat peserta karnaval melintas ditutup sementara,” kata dia.

Menurut dia, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno diundang pada SBC ke-14. Mereka atau yang mewakili akan membuka SBC ke-14 lalu ada atraksi di Jl Bhayangkara.

“Kita mulai kirab itu sekitar pukul 16.15 WIB. Kita mulai karnavalnya. Diperkirakan peserta sampai Balai Kota Solo sekitar pukul 17.00 WIB atau sebelum Magrib,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya