SOLOPOS.COM - Penampilan tari topeng ireng dalam Festival Kesenian Rakyat 2022 di Kecamatan Simo, Boyolali, Selasa (23/8/2022). (Solopos.com-Nova Malinda)

Solopos.com, BOYOLALI — Rangkaian Festival Tungguk Tembakau Boyolali di Desa Senden, Kecamatan Selo, berlanjut dengan pertunjukan seni budaya seperti Topeng Ireng dan musisi pada konser musik, Sabtu (5/8/2023) malam.

Acara bertajuk Gelar Budaya Merapi dan Kampung Musik Festival itu, selain menampilkan kesenian Topeng Ireng juga ada sederet musisi termasuk penyanyi asal Solo, Topik Sudirman.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sebelumnya, Festival Tungguk Tembakau di Senden, Selo, Boyolali, itu dibuka oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kamis (3/8/2023). Tungguk tembakau merupakan ungkapan rasa syukur petani tembakau atas hasil panen yang mereka dapatkan.

Dari informasi di unggahan akun Instagram @tungguktembakaufestival yang dipantau Solopos.com pada Jumat (4/8/2023), rangkaian Festival Tungguk Tembakau dimulai dengan Fun Walk pada Minggu (30/7/2023).

Selain itu, ada kegiatan senam, jalan sehat lintas perkebunan tembakau, live music dangdut, hingga pentas kesenian tradisional. Kemudian pada Rabu (2/8/2023), terdapat ritual panen tembakau dan Kamis (3/8/2023) digelar kirab panen tembakau.

Lalu pada Jumat ada Gelar Budaya Merapi dan Merbabu dan pada Sabtu (5/8/2023) atau malam Minggu ada penampilan Topeng Ireng serta konser musik mendatangkan penyanyi asal Solo, Topik Sudirman, di Senden, Selo, Boyolali

Ada pula beberapa musisi lain yang mengisi seperti Kerontjong Rakjat Koma, Wani Muni, Vidia Antavia, Don Arteta, dan Evan Loss. Kades Senden, Sularsih, membenarkan rangkaian acara Festival Tungguk Tembakau memang telah dimulai pada 30 Juli 2023.

“Pada Jumat ini [4/8/2023], saya mengundang dari beberapa kelompok kesenian per desa se-Kecamatan Selo. Alhamdulillah ada tujuh kelompok kesenian yang hadir. Pada Jumat siang tiga kelompok, malam ada empat kelompok,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com di Senden, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya