SOLOPOS.COM - Suasana pertunjukan musik Keroncong Monumen Pers di Teras Monumen Pers Solo, Minggu (3/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO—Monumen Pers Nasional konsisten menghadirkan hiburan untuk masyarakat dengan pagelaran musik rakyat di Teras Monumen Pers Nasional, Banjarsari, Solo, Sabtu (23/6/2023) malam.

Bersama OnnyAndFriends gelaran itu bakal menghadirkan live musik keroncong modern. Ini bukan kali pertama Monumen Pers menggelar acara musik keroncong. Sudah sejak 2022 lalu dan terus berlanjut hingga kini.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Karena kita lihat antusiasme pengunjung diterima pengunjung sangat ramai, makanya kita terus berlanjut,” kata Pranata Humas Monumen Pers Nasional Solo, Lazuardi Pratama kepada Solopos.com, Jumat (23/6/2023).

Berbeda dengan sebelumnya yang sempat menghadirkan live music dengan lagu-lagu kenangan, kali ini yang disajikan adalah musik keroncong. Namun juga akan ada sentuhan lain.

“Kali ini kita kombinasikan sama lagu-lagu yang lagi ngetren sekarang, jadi memang keroncong modern,” kata Lazuardi.

Selain live music keroncong, pengunjung bisa menikmati suguhan makanan ringan dan minuman ala-ala angkringan secara gratis. Konsep pagelaran ini sebisa mungkin dekat dengan masyarakat.

“Konsepnya bukan live musik formal, intinya semacam street music, jadi performernya itu main musik di depan teras. Jadi masyarakat Kota Solo yang sedang lewat bisa mampir. Ada gorengan dan minuman,” kata dia.

Acara ini merupakan satu upaya untuk menegaskan bahwa Monumen Pers merupakan tempat berkumpul masyarakat. Maka dia sengaja menghadirkan hiburan khas Kota Bengawan secara gratis.

“Monumen Pers kan tempat publik, masyarakat bisa kumpul secara gratis di Monumen Pers, apalagi kita ada ruang baca dan museum, ditambah live music ini nanti,” kata dia.

Menurut dia, musik keroncong merupakan kesenian yang lahir dari akar rumput masyarakat Solo. Ketika menyebut keroncong, yang terpikir adalah kota kelahiran Gesang, pencipta lagu Bengawan Solo.

“Kita menilai Kota Solo itu kota budaya, dan Monumen Pers berusaha memperkenalkan budaya, apa yang bisa dikaitkan dengan acara musik, tentu keroncong. Jadi sekalian kita bisa mengapresiasi musik dan kebudayaan daerah,” kata dia.

Bagi masyarakat Solo, bisa menikmati musik keroncong dan suguhan ala angkringan mulai pukul 19.00 WIB. Bakal ada lagu-lagu hits yang diaransemen menjadi musik keroncong. Perpaduan musik dan wedangan tentu akan pas mengisi waktu malam Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya