SOLOPOS.COM - Air mancur di Taman Pracima - Tuin Lowres di kompleks Pura Mangkunegaran saat malam hari. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Menteri BUMN Erick Thohir dijadwalkan menghadiri soft opening Taman Pracima atau Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran, Solo, Sabtu (21/1/2023) siang.

Soft opening Taman Pracima dengan mengundang Menteri BUMN itu disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan ditemui di Solo Safari, Solo (20/1/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Pak Erick, Pak Erick ya,” kata Gibran. Dia menjelaskan rencana pembukaan dilakukan Sabtu pukul 12.00 WIB. “Besok peresmian sama pengenalan menu-menu Mangkunagoro, raja-raja Mangkunegaran,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga diundang dalam penutupan Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU) di Pura Mangkunegaran. “Pak Ganjar main juga badminton,” papar dia.

Menurut Gibran, pembukaan Solo Safari dan Taman Pracima bakal menambah length of stay Kota Solo. Wali Kota Solo menargetkan  length of stay  bertambah dengan adanya destinasi wisata baru di Kota Bengawan.

Rencana pembukaan Taman Pracima itu sudah dipersiapkan jauh hari. Mangkunagoro X melakukan pertemuan dengan Gibran untuk membahas pembukaan Taman Pracima, Kamis (12/1/2023).

Mangkunagoro X menjelaskan membuka Pracima Tuin secara bertahap mulai Sabtu (21/1/2023) sebelum grand opening yang rencananya dilakukan Maret 2023. Soft opening bisa diakses masyarakat, namun terbatas.

Dia mengatakan telah melakukan riset kuliner khas Pura Mengkunegaran khususnya sajian kesukaan para Mangkunagoro terdahulu. Pura Mangkunegaran menyimpan arsip-arsip terkait kuliner kesukaan para Mangkunagoro.

“Nanti repackage lah, kami kemas ulang dengan kemasan yang lebih menarik era masa kini, antara lain dendeng age, brubus, garang asem, dan sebagainya,” ungkap dia.

Dia mengatakan informasi tarif serta reservasi bakal diumumkan melalui media sosial Pura Mangkunegaran atau melalui siaran pers untuk media massa. Targetnya bisa 100 sampai 150 orang pengunjung setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya