SOLOPOS.COM - Sembilan calon Sekda Solo mengikuti proses ujian seleksi di Kota Solo. Foto diambil belum lama ini. (Istimewa/Instagram @bkpsdmsurakarta)

Solopos.com, SOLO–Panitia seleksi atau Pansel Sekda Solo telah memberikan rekomendasi tiga calon Sekda Solo. Tiga calon Sekda Solo akan diumumkan kepada publik, Sabtu (30/9/2023).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solo, Dwi Ariyatno, mengatakan pansel telah melakukan rapat pleno secara hibrida, Jumat (29/9/2023). Pansel Sekda Solo melaporkan hasil akhir seleksi kepada Sekda Solo Ahyani sebagai Pejabat yang Berwenang (PyB).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Sudah merekomendasi tiga calon sekda. Kewajiban Pak Sekda selaku Pejabat yang Berwenang melaporkan kepada Wali Kota Solo [Gibran Rakabuming Raka] selaku pejabat pembina kepegawaian [PPK],” kata Dwi ditemui di kantornya, Jumat siang.

Dwi mengatakan Pemkot Solo akan mengumumkan tiga calon Sekda Solo kepada masyarakat, Sabtu (30/9/2023). Sedangkan Gibran akan melaporkan hasil akhir seleksi Sekda kepada Gubernur Jateng.

“Setelah mendapatkan rekomendasi prosesnya sesuai dengan mekanisme, jadwal, kriteria, dibuatkan rekomendasi yang diteruskan ke Komisi Aparatur Sipil Negara [KASN],” papar dia.

Dwi menjelaskan nanti ada panggilan kepada Pansel Sekda Solo, PPK, maupun tiga calon Sekda Solo. Ada sesi wawancara langsung dari Gubernur Jateng atau Penjabat Gubernur Jateng di Semarang.

“Pak Wali mestinya ada diskusi dengan gubernur terkait dengan tiga calon yang nantinya dipilih salah satu. Kalau proses sudah dianggap sesuai mekanisme, sesuai jadwal, Gubernur melaporkan ke KASN,” ujar dia.

Menurut dia, KASN bakal memberikan rekomendasi terkait proses seleksi Sekda. Di akhir prosesnya nanti ada pelantikan Sekda Solo 1 Desember 2023 bertepatan dengan purna tugas Sekda Solo Ahyani.

“Asumsi saya kami tahu siapa Sekda Solo pada 1 Desember 2023 itu. Pak Wali biasanya menunjuk pada detik-detik terakhir,” ujar dia.

Adapun sembilan calon Sekda Solo telah menjalani seleksi administrasi, uji kompetensi, penelusuran rekam jejak moralitas dan integritas, uji gagasan, dan tes kesehatan hingga Senin (25/9/2023).

Sembilan calon Sekda Solo, adalah Asisten Administrasi Umum Setda Solo Kentis Ratnawati, Sekretaris DPRD Kota Solo Kinkin Sultanul Hakim, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Aryo Widyandoko.

Selanjutnya Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Solo Tulus Widajat, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Solo Agung Riyadi, dan Kepala Dinas Sosial Agus Santoso.

Kepala Satpol PP Solo Arif Darmawan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Solo Budi Murtono, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Solo Widyastuti Pratiwiningsih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya