SOLOPOS.COM - Ilustrasi uji kompetensi dalam rangka lelang jabatan. (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

Solopos.com, WONOGIRI — Pendaftaran seleksi lelang jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama di Kabupaten Wonogiri mulai dibuka, Rabu (2/11/2022). Hingga Senin (31/10/2022), panitia seleksi (pansel) telah menentukan tahapan, persyaratan, dan tata cara pendaftaran seleksi pengisian jabatan kepala dinas alias pejabat eselon II tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Djoko Purwidyatmo, mengatakan tahap pendaftaran lelang jabatan dibuka mulai 2-8 November 2022. Pembahasan penentuan tahapan dan persyaratan itu terdiri dari berbagai unsur, seperti akademisi (Universitas Sebelas Maret/UNS), Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan perwakilan BKD Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Selain sebagai pansel, mereka juga bertindak sebagai penguji seleksi. Kemarin kami juga menyinkronkan waktu pelaksanaan,” kata Djoko kepada Solopos.com, Selasa (1/11/2022).

Sejumlah syarat penting dalam proses seleksi, seperti usia maksimal bagi pendaftar 56 tahun pada 30 Desember 2022. Selanjutnya, pendaftar seleksi JPT ialah mereka yang sedang atau pernah menduduki jabatan administrator eselon III/A dan atau jabatan fungsional jenjang madya paling singkat dua tahun.

Jabatan administrator setingkat eselon III/B juga dapat mendaftar asalkan telah menjabat di eselon III/B minimal tiga tahun. Proses seleksi JPT di Wonogiri itu juga dapat diikuti aparatur sipil negara (ASN) dari luar Wonogiri.

Baca Juga: Di Jateng, Cuma Sragen & Wonogiri yang Dapat Apresiasi KASN Soal Lelang Jabatan

“Misalnya ASN dari Sukoharjo mau mendaftar sebagai kepala dinas di Wonogiri itu bisa. Syaratnya kan ASN pemerintahan di wilayah provinsi Jateng,” jelasnya.

Adapun tahapan pelaksanaan seleksi JPT kali ini meliputi enam jenjang. Seluruh tahapan seleksi diumumkan ke publik melalui laman bkd.wonogirikab.go.id dan jadwalnya dapat berubah sewaktu-waktu.

Kepala Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Haryono, mengatakan tiga jabatan yang kosong saat ini meliputi Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perumahan (Dispera KPP), dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Kepala Disdukcapil sebelumnya, Sungkono, meninggalkan jabatannya lantaran memasuki masa pensiun. Posisinya sementara waktu diisi Pelaksana Tugas (Plt) yang juga Sekretaris Disdukcapil, Herdian.

Baca Juga: Siap-Siap! 8 Pejabat Pemkab Wonogiri Akan Dimutasi, Ini Daftarnya

Kepala Dispera KPP sebelumnya, Aris Tri Budoyo, dimutasi menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, pertengahan Oktober 2022. Posisi yang ditinggalkannya diisi Plt, yakni Sekretaris Dispera KPP, Purwadi.

Sementara, Kepala Disdikbud sebelumnya, Yuli Bangun Nursanti, kini menjadi dosen di Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS Solo sejak awal September 2022. Posisi yang ditinggalkannya diisi Plt, yakni Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Wonogiri, F.X. Pranata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya