SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Para peternak mandiri yang tergabung di dalam Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar Indonesia) Wilayah Jawa Tengah (Jateng) akan menggelar aksi bagi ayam gratis pada Rabu (26/6/2019).

Lebih dari 8.000 ekor ayam hidup akan dibagikan di lima tempat di Solo secara serentak. Ketua Pinsar Wilayah Jateng, Parjuni, mengatakan kegiatan tersebut bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Berdasarkan rencana awal, kegiatan digelar di halaman Kantor Kecamatan Banjarsari, Pendapa Kantor Kecamatan Jebres, halaman Kantor Kecamatan Laweyan, Pendapa Kantor Kecamatan Serengan, dan area bekas SD Negeri Baturono Pasar Kliwon.

Di Kecamatan Banjarsari akan dibagikan 2.000 ekor, Kecamatan Laweyan 1.500 ekor, Kecamatan Pasar Kliwon 1.500 ekor, Kecamatan Jebres 1.500 ekor, dan Kecamatan Serengan 1.500 ekor. Namun menurut Parjuni, jumlah tersebut masih bisa bertambah.

“Dari hasil rapat, jumlah itu bisa lebih sebab ada [peternak] yang mau tambah [pasokan]. Total ada 9.500 ekor, sisanya cadangan,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (25/6/2019).

Di sisi lain, dia mengatakan aksi obral ayam hidup masih dilakukan beberapa peternak di lokasi berbeda. “Itu sebagai bentuk keprihatinan kami,” kata dia.

Dia mengatakan kedua aksi tersebut dilakukan para peternak sebagai bentuk protes kepada pemerintah yang dinilai gagal melindungi para peternak mandiri. Jumlah produksi yang berlebih serta anjloknya harga ayam membuat para peternak rugi selama berbulan-bulan.

Dampaknya, beberapa peternak harus menutup usaha mereka. Sedangkan sisanya bertahan meski harus menambah utang atau bahkan menjual aset untuk menutup biaya produksi.

Harga ayam hidup di tingkat peternak saat ini hanya Rp8.000-Rp10.000/kg. Harga tersebut jauh di bawah harga pokok produksi (HPP) yang mencapai Rp18.500/ kg. “Kalau mau disebut layak, mestinya harga ayam sekitar Rp20.000/kg,” kata dia.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Perdagangan Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Kristiana, mengatakan telah menyiapkan kupon untuk para penerima ayam gratis.

“Kupon sudah disalurkan ke kecamatan, kemudian dari kecamatan memberikan kupon itu kepada warga yang berhak,” kata dia.

Kristiana mengatakan pembagian ayam gratis tersebut lebih diutamakan untuk warga kurang mampu atau yang membutuhkan. Waktu pembagian ayam gratis akan dilakukan pukul 08.00 WIB-10.00 WIB. Namun khusus Kecamatan Jebres dimulai pukul 10.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya