SOLOPOS.COM - Gebyar Syawalan TSTJ 2011 (dok)

Gebyar Syawalan TSTJ 2011 (dok)

Solo (Solopos.com)–Puncak Gebyar Syawalan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) bakal digelar Minggu (4/9/2011) besok dipusatkan di area telaga/danau TSTJ

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sebagai pertunjukan puncak akan dihelat sendratari perjalanan hidup Mas Karebet atau Jaka Tingkir menjadi Sultan Hadiwijaya, Raja Mataram. Pengelola TSTJ masih merahasiakan siapa yang akan memerankan tokoh Jaka Tingkir. Namun dipastikan pemeran tokoh fenomenal tersebut bukan Joko Widodo (Jokowi), Walikota Solo.

“Pak Walikota tidak dapat memerankan tokoh ini, barangkali karena alasan kesibukan. Yang jelas besok kami akan habis-habisan,” tegas Dir Ops Perusda TSTJ, Windu Winarso kepada Solopos.com, Jumat (2/9/2011).

Dia mengklaim pertunjukan sendratari Mas Karebet belum pernah ditampilkan dalam pertunjukan di TSTJ. Sendratari tersebut dinilai sebagai pertunjukan yang paling pas digelar di TSTJ. Sebab mengandung nilai kebudayaan, seni dan edukasi. Selaras dengan misi visi pengembangan TSTJ ke depan. Pertunjukan sendratari Mas Karebet sendiri akan menampilkan scene larung gethek di Telaga. Gethek atau perahu tradisional dari rangkaian batang bambu akan dihias dengan stereofoam berbentuk 40 buaya.

Mas Karebet atau Jaka Tingkir bakal naik perahu tersebut untuk beberapa saat. Menurut Windu, pihaknya sengaja melakukan beberapa inovasi atau terobosan dalam acara Gebyar Syawalan untuk menarik pengunjung. Sebab acara yang sama sudah berlangsung beberapa tahun terakhir. Artinya perlu wujud baru pertunjukan yang lebih populer dengan masyarakat. Inovasi diselaraskan dengan segmentasi pengunjung yakni keluarga dan anak-anak. “Yang jelas beda dengan tahun lalu, kali ini lebih spesial dan menghibur,” tukas Windu.

kur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya