SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

WONOGIRI – Empat kecamatan di Kabupaten Wonogiri menggelar salat minta hujan atau Salat Istisqa, Jumat (5/10/2012). Empat kecamatan itu yakni Wonogiri, Pracimantoro, Giritontro dan Paranggupito. Di Wonogiri Kota, salat diadakan di Lapangan Giri Krida Bakti dengan mengundang sekitar 500 orang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Salat Istisqa diadakan pukul 12.30 WIB seusai Salat Jumat. Selain jamaah Masjid At-Taqwa di Wonogiri Kota, kami juga mengundang SKPD serta ulama dan umaro [anak-anak panti asuhan],” kata Kabag Kesra Setda Wonogiri, Maryanto, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (4/10/2012).

Dalam penyelenggaraannya, ia bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri untuk menyiapkan petugas serta memilih imam dan khatib. Ia berharap upaya itu segera mendatangkan hujan sehingga Kabupaten Wonogiri terutama di wilayah selatan tidak semakin kekurangan air bersih.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemkab berencana mengadakan salat minta hujan pada 28 September. Tapi, dari hasil rapat dengan berbagai pihak seperti Kepala Kemenag Wonogiri, takmir masjid dan para camat di empat kecamatan, maka pelaksanaannya diundur pada 5 Oktober.

Menurutnya, pengunduran waktu itu untuk persiapan di antaranya pengumuman ke masyarakat dan sunah-sunah yang dipersiapkan untuk menjalankan salat tersebut. Di antaranya bacaan surat, berpuasa terlebih dahulu dan mengenakan pakaian sederhana saat salat.

Para camat di wilayah Wonogiri selatan juga mengimbau seluruh kepala desa (kades) untuk melaksanakan salat tersebut secara serentak pada 5 Oktober. Camat Paranggupito, Purwoto, mengatakan salat tidak hanya dilakukan di satu titik. Pihaknya juga mengimbau seluruh kepala desa (kades) untuk mengerahkan warga dan menggelar salat minta hujan di masing-masing desa. Diperkirakan dari empat kecamatan tersebut, jumlah warga yang akan mengikuti salat sekitar 2.800 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya