SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintas di jalan depan Kodim 0728 Wonogiri, Kamis (20/4/2023). Area depan Kodim 0728 Wonogiri menjadi salah satu lokasi yang digunakan warga Muhamamdiyah di Wonogiri sebagai tempat pelaksaan Salat Idulfitiri pada Jumat (21/4/2023). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia).

Solopos.com, WONOGIRI–Warga Muhammadiyah di Kabupaten Wonogiri bakal melaksanakan Salat Idulfitri pada Jumat (21/4/2023) pagi. Tiga lokasi di Wonogiri Kota disiapkan menjadi tempat penyelenggaraan Salat Id.

Kepala Kantor Kementerian Agama Wonogiri, Anif Solikin, mengatakan warga Muhammadiyah Wonogiri Kota akan menjalankan salat id di tiga lokasi, meliputi Stadion Pringgondani Wonogiri, halaman Kodim 0728 Wonogiri, dan Lapangan Bantarangin, Wonoboyo, Wonogiri.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Menurut Anif, tidak ada masalah dengan perbedaan pelaksanaan Salat Idulfitri antara Muhammadiyah dengan pemerintah. Masing-masing mempunyai dasar keputusan. Warga Muhammadiyah di Wonogiri Kota dipersilakan melaksanakan salat id yang sudah ditentukan.

Sementara warga lain yang akan melaksanakan Salat Idulfitri pada Sabtu (22/4/2023) diharapkan bisa menjaga dan memaklumi perbedaan. “Tidak ada masalah dengan perbedaan yang ada. Saya kira warga Wonogiri sudah cukup dewasa,” kata Anif kepada Solopos.com, Kamis (20/4/2023).

Anif melanjutkan tema khotbah pada Salat Idulfitri 1444 H ini yaitu tentang menjaga ukhuah atau persaudaraan.

Ketua Peringatan Hari Besar Islam Wonogiri Sektor Utara, Maryanto, menyampaikan tiga tempat yang akan digunakan Salat Idulfitri pada Jumat sudah disepakati bersama antarinstansi terkait. Salat Idulfitri akan dimulai sekitar pukul 06.30 WIB.

Maryanto memprediksi jumlah jamaah Salat Idulfitri pada Jumat akan mencapai 2.000-3.000 orang. Hal itu mengingat para perantau yang pulang ke Wonogiri meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelum saat Pandemi Covid-19.

“Kami sudah mempersiapkan semua, termasuk perangkat-perangkat pengeras suara untuk kebutuhan salat nanti,” ujar dia.

Dia menambahkan, tidak ada penolakan dari warga lain di Wonogiri terkait keputusan Muhammadiyah yang menyelenggarakan Salat Idulfitri pada Jumat. Menurut dia, antarwarga Wonogiri sudah saling memahami perbedaan.

“Alhamdulillah, tidak ada permasalahan soal perbedaan. Semua saling mengerti,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya