SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberian imunisasi bayi. (Freepik.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, Jawa Tengah, mengejar target pemberian imunisasi pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) hingga Juni ini.

Kepala Dinkes Karanganyar Purwati menyebut ratusan bayi sampai anak lima tahun belum komplet mendapatkan imunisasi. Di BIAN ini, sasaran yang sudah dipetakan akan diberikan imunisasi lengkap melalui fasilitas kesehatan dan sekolah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“BIAN sudah dimulai Mei lalu. Program imunisasi pada tahun ini kita berikan lebih spesifik karena sejumlah sasaran luput mendapatkannya saat pandemi Covid-19,” katanya belum lama ini.

Ia menyebut pelaksanaan BIAN dimulai Mei sampai Juni di puskesmas. Sedangkan pada Agustus, pemberian di sekolah bagi yang sudah mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM). Sasaran penerima imunisasi sudah terdata oleh Kemenkes di Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK).

Dinas Kesehatan di daerah tinggal mengundang para orang tua agar anaknya menghadiri imunisasi sesuai jadwal. Bagi anak usia 12 bulan-59 bulan disiapkan imunisasi tambahan Campak Rubela dan imunisasi kejar (OPV, IPV dan DPT-HB-Hib).

Baca Juga: Miris, Penolakan Imunisasi Menyebar di 17 Kecamatan di Karanganyar

Di Karanganyar, sasaran imunisasi campak rubela sebanyak 51.042 anak. Kemudian sasaran imunisasi kejar IPV sebanyak 36.643 anak. Sasaran imunisasi kejar OPV sebanyak 16.789 anak dan sasaran imunisasi DPT-HB-Hib sebanyak 4.439 anak.

“Imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga lebih sehat dan lebih produktif,” katanya.

Tak hanya itu, manfaat dari imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan. Purwati meminta para orang tua memahami pentingnya imunisasi pada anak. Kader posyandu dan tokoh masyarakat diimbau memandu lingkungannya menyukseskan BIAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya