SOLOPOS.COM - Garang asem di warung makan Bu Hj Salamah Ceper, Klaten. (Istimewa/Instagram @rm.hj.salamah.klt)

Solopos.com, KLATEN — Pemilik warung makan Bu Hj Salamah, Siti Salamah Maulana, tutup usia, Kamis (9/6/2022) pagi. Almarhumah dimakamkan di sasanalaya Dukuh Besole, Desa Klepu, Kecamatan Ceper, Klaten, Kamis siang.

Warung Bu Hj Salamah berada di tepi jalan raya Jogja-Solo, Desa Klepu, Kecamatan Ceper merupakan salah satu warung legendaris di Klaten. Banyak tokoh daerah hingga nasional yang dibikin ketagihan masakan Bu Hj Salamah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Hal itu seperti Bupati Klaten, Sri Mulyani dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Warung makan itu juga kerap menjadi jujugan artis ibukota.

Menu yang disajikan di warung tersebut beragam, yakni garang asem, ayam goreng, ayam bakar, sup, pecel, gorengan, serta aneka sayuran masakan Jawa.

Proses memasak dilakukan secara tradisional, salah satunya menggunakan perapian dari kayu bakar. Salah satu menu favorit para pelanggan, yakni garang asem.

Baca Juga: Kabar Duka, Pemilik Warung Legend Hj. Salamah Besole Klaten Tutup Usia

“Paling suka dengan garang asem. Sedap dan aroma masakan Jawa-nya itu yang membuat ketagihan. Rasanya itu seperti masakan dari dapure mboke dewe,” kata Camat Ceper, Seniwati, kepada Solopos.com, Kamis (9/6/2022).

Hal senada dijelaskan pelanggan Warung Bu Hj Salamah sekaligus warga Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Rohmad, 30. Menu favorit saat berkunjung ke warung makan legendaris itu, yakni garang asem dan sup.

“Garang asem, sup, serta ayam goreng laris. Semua masakannya nikmat. Jajan di sana memang lebih mahal tetapi puas. Karena masakannya dibuat menggunakan bahan pilihan,” kata Rohmad.

Baca Juga: Deretan Kuliner Khas Klaten yang Harus Dicoba Wisatawan & Pemudik

Kepala Desa (Kades) Klepu, Mustofa, mengatakan sebelum berpulang, Bu Salamah mengidap sakit kanker dan menjalani perawatan di rumah sakit.

“Hari ini tadi dimakamkan. Yang melayat banyak. Ada warga sekitar dan orang-orang terkemuka khususnya di Ceper. Tadi juga ada bule yang sering jajan di warung makan Bu Hj Salamah ikut takziyah,” kata Mustofa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya