SOLOPOS.COM - Perajin Desa Bakalan, Jepara, Jateng, Jumat (28/7/2017), menunjukkan gelang peserta ibadah haji 2017. (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho) Para peserta ibadah haji 2017 asal Indonesia ditandai dengan gelang karya perajin Desa Bakalan, Jepara, Jawa Tengah (Jateng). Perajin gelang itu, Jumat (28/7/2017), menunjukkan gelang-gelang kerajinan khas Jepara itu di rumah produksinya. Gelang berbahan logam yang menjadi perlengkapan wajib para peserta ibadah haji 2017 asal Indonesia itu berfungsi laksana paspor, demi memudahkan mengidentifikasi jemaah yang tersesat atau terpisah dari rombongan melakukan ibadah di tanah suci Mekah. (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Solopos.com, KARANGANYAR  — Kabupaten Karanganyar akan memberangkatkan 426 calon haji (calhaj) ke Tanah Suci Mekkah pada 21 Juni 2022 mendatang. Setiap calhaj akan mendapatkan gelang identitas yang terbuat dari monel atau baja putih yang memuat sejumlah tulisan dan angka-angka.

Banyak yang penasaran, apa arti tulisan dan angka-angka digelang yang wajib dipakai setiap calhaj dari Indonesia selama berada di tanah suci Mekkah maupun Madinah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Gelang ini merupakan salah satu dari sejumlah tanda pengenal yang diberikan kepada setiap calhaj. Jemaah Calhaj Indonesia wajib mengenakan gelang ini dan sebaiknya dapat memahami makna dan maksud yang tertera pada gelang tersebut. Kemana pun jemaah pergi, maka gelang ini harus dibawa atau dipakai.

Tujuannya agar jemaah mudah dikenali bila terpisah dari rombongannya. Dan itulah yang dilakukan petugas haji, ketika ada jemaah tersesat, mereka bisa menemukan pemondokan jemaah tersebut berdasarkan informasi dari gelang ini.

Baca Juga: Berangkat Besok, Koper Calhaj Kloter 1-2 Tiba di Asrama Haji Donohudan

Mengutip akun instagram @Informasihaji dari Kementerian Agama (Kemenag) RI, Kamis (2/6/2022), ini arti informasi yang tertera pada gelang haji tersebut.

Gelang Haji
Informasi mengenai gelang haji. (Instagram/@informasihaji)

Informasi pertama adalah asal embarkasi dan tahun berangkat jamaah haji. Contohnya tertulis JKS 1443H, artinya calhaj berasal dari embarkasi Jakarta-Bekasi tahun keberangkatan 1443 Hijriah.

Keterangan berikutnya adalah kelompok terbak. Contohnya tertulis Kloter 12 artinya berasal dari kelompok terbang 12.

Selanjutnya tulisan nomor paspor. Contohnya, paspor 123456. Tulisan berikutnya berbeda karena menggunakan bahasa Arab. Tulisannya jemaah Haji Indonesia dalam bahasa Arab.

Baca Juga: Koper Calhaj Perdana Tiba di Embarkasi Donohudan Boyolali, Asal Mana?

Keterangan berikutnya adalah nama calhaj sebelum ada gambar bendera merah putih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya