SOLOPOS.COM - Warga beraktivitas di luar masjid saat menunggu waktu Salat Tarawih pertama Ramadan 1445 H di Masjid Sheikh Zayed, Gilingan, Solo, Senin (11/3/2024). Pengelola Masjid Sheikh Zayed Solo mengagendakan kegiatan ngabuburit selama Ramadan 2024. (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Ramadan 1445 H kali ini, Masjid Sheikh Zayed Solo ingin tampil beda dari masjid-masjid lainnya. Tidak hanya membagikan takjil dan makanan saat berbuka puasa, berlanjut salat tarawih, dan agenda rutin Ramadan, pengelola Masjid Sheikh Zayed Solo juga akan menggelar agenda ngabuburit.

Namun, ngabuburit kali ini dikemas lebih edukatif. Di antaranya diisi dengan berbagai kegiatan seni dan edukasi. Hal itu disampaikan oleh Direktur Operasional Masjid Sheikh Zayed SoloSolo, Munajat. Ngabuburit akan digelar tiap hari dan dimulai Jumat (15/3/2024) pukul 16.00 WIB hingga waktu berbuka puasa tiba.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Mulai Jumat akan ada acara ngabuburit yang isi kegiatannya berupa kesenian dan edukasi,” kata Munajat saat dihubungi Solopos.com via WhatsApp, Senin (11/3/2024).

Untuk menyemarakkan agenda baru dan kekinian itu, setidaknya bakal ada 20 kelompok seni yang akan meramaikan acara ngabuburit di Masjid Sheikh Zayed Solo selama Ramadan.

Sebanyak 20 kelompok seni itu berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari warga sekitar, pondok pesantren, madrasah, dan sekolah. Mereka akan menampilkan berbagai pertunjukan seni, seperti hadrah, tari, silat, dan sebagainya.

Dalam ngabuburit nanti, Masjid Sheikh Zayed juga melibatkan kelompok difabel. Mereka juga diberi ruang agar bisa menyemarakkan Ramadan di salah satu masjid yang kini tengah digandrungi banyak orang itu.

“Di acara ngabuburit nanti, kami [pengurus] juga akan banyak melibatkan teman-teman disabilitas untuk menampilkan karya-karya mereka,” kata dia.

Selain kesenian, Munajat juga menyampaikan bakal ada kegiatan edukasi di acara ngabuburit di Masjid Sheikh Zayed Solo. Kegiatan edukasi tersebut rencananya dikemas dalam bentuk sosialisasi tentang lingkungan yang melibatkan para aktivis yang fokus terhadap isu lingkungan.

Pihaknya berharap para jemaah yang singgah di Masjid Sheikh Zayed Solo tidak hanya mendapat kegembiraan dan kenyamanan, namun juga pengetahuan yang bermanfaat.

Sebagai informasi, Masjid Sheikh Zayed Solo telah menyiapkan tiga tenda besar yang diperuntukan acara ngabuburit dilanjut berbuka puasa selama Ramadan.

Tenda di bagian utara dari bangunan masjid Solo dikhususkan untuk perempuan. Sementara tenda di bagian timur dikhususkan untuk laki-laki. Ada pun bagi jamaah yang membawa keluarga, bisa memanfaatkan tenda di sisi selatan. Bagi Anda yang ingin mengikuti agenda ngabuburit sekaligus buka bersama hingga tarawih di Masjid Sheikh Zayed Solo, diminta memperhatikan lokasi parkir, imbauan berwudu dari rumah, dan ketertiban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya