SOLOPOS.COM - CEO Steffie Collection, Stephanie atau Christiana Agustin (dua dari kiri), saat menerima Anugerah Perempuan Indonesia oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati pada 2020 silam. Steffie Collection merupakan salah satu UKM yang didatangi Tim Ekspedisi UMKM SMG 2022 selama sepekan ini. (Istimewa/Steffie Collection).

Solopos.com, SRAGEN — Salah satu usaha kecil dan menengah (UKM) yang cukup menginspirasi adalah Steffie Collection asal Kabupaten Sragen.

Steffie Collection merupakan salah satu usaha di bidang bedding set atau aksesoris tempat tidur yang berkembang pesat.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Alamat lengkap Steffie Collection berada di Jalan Nias No.8, Kampung Sarigunan, Kelurahan Sragen Wetan, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen. Steffie Collection didirikan pada 2003 dan terus tumbuh hingga dua dekade.

Produk mereka terdiri atas seprai, selimut, bantal, handuk, dan aksesori tempat tidur lain. Uniknya kebanyakan produk mereka didesain dengan aksen batik.

Tim Ekspedisi UMKM 2022 yang digelar Solopos Media Group didukung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Telkom Indonesia, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, Semen Gresik, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Shabat Warna Gemilang, dan Sun Star Motor berkesempatan berbincang dengan Chief Executive Officer (CEO) Steffie Collection, Sabtu (27/8/2022).

Baca juga: Saling Dukung dengan UMKM, Kunci Sukses Percetakan Shabat Warna Gemilang Solo

CEO Steffie Collection yakni Stephanie atau Christiana Agustin. Stephani memulai bisnis tersebut sejak lulus bangku kuliah jurusan akuntansi pada 2003 silam. Tak hanya mencari cuan, bisnis tersebut juga fokus pada pemberdayakan perempuan.

Seiring berjalannya waktu, Stephanie mulai menemukan pelanggan tetap. Mereka di antaranya rumah sakit, restoran, hotel, apartemen, spa, hingga kelompok rumah tangga.

Stephani mengatakan produksi aksesori tempat tidur bisa mencapai 1.000 per bulan. Pesanan yang ia terima pun menembus hingga luar Pulau Jawa.

“Fokusnya memang bedding accessoris untuk hotel, vila, kos. Kita suplai seprai, spring bed, seragam, merchandise,” kata dia saat dihubungi Solopos.com.

Pelanggan Steffie Collection sendiri lebih banyak dari sektor hospitality dengan pembelian skala besar. Namun tak menutup kemungkinan usaha rumahan seperti indekos.

Baca juga: Kain Lukis Nasrafa Solo: Digemari Pasar Lokal, Makin Laris di Pasar Global

Dalam sebulan, Steffie Collection mampu menjual ribuan potong aksesori tempat tidur. Pada Agustus 2022, Stephani mengatakan, baru saja mengirim ribuan produknya ke Ubud Provinsi Bali dan Malang Jawa Timur.

“Kami segmennya lebih ke hotel dan perusahaan ya. Produk utama bedding accessories. Banyak tapi, inisaja bulan ini dua hotel di Ubud, Bali, ribuan pieces. Sama di Malang, hotel. Sebulan ribuan potong,” imbuh dia.

Steffie Collection juga menyasar pasar perusahaan dengan produk seragamnya. Hal itu juga dimaksudkan untuk membangun kerja sama antar UMKM.

Misalnya UMKM percetakan digital di Solo, PT Shabat Warna Gemilang (SWG), juga pernah memesan puluhan seragam di tempatnya. Sementara Steffie Sendiri juga pernah memesan banner dan cetak voucher di PT SWG.

“Kita pernah kerja sama SWG sendiri pernah ambil seragam di Steffie. Kami pernah bikin company profile ke SWG. Beberapa kali bikin spanduk juga dan voucher event,” kata dia.

Baca juga: UKM Solo Nasrafa Ikuti Empat Pameran Luar Negeri Tahun Ini

Steffie Collection pernah menyabet beberapa penghargaan dan aktif berkegiatan di sejumlah acara nasional. Penghargaan tersebut di antaranya Anugerah Wirausaha Indonesia 2016, Best Franchise Start Up 2016, Festival Moskow 2017, dan Anugerah Perempuan Indonesia 2020.

Banner Ekspedisi UMKM 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya