SOLOPOS.COM - BLK Karanganyar membuka lima pelatihan keterampilan. (Instagram/@kabupatenkaranganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR – Balai Latihan Kerja (BLK) Karanganyar membuka lima jenis pelatihan keterampilan pada awal 2023. Siapa pun boleh daftar dan gratis, namun kuota tiap pelatihan terbatas. Jadi buruan daftar.

Menurut informasi yang dikutip Solopos.com dari akun Instagram @kabupatenkaranganyar, Kamis (19/1/2023), pelatihan keterampilan yang dibuka antara lain pembuatan kue dan roti (kuota 32 orang). Kemudian ada pelatihan desainer grafis muda (16 orang) dan menjahit pakaian dengan mesin (16 orang).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Lalu ada juga pelatihan servis sepeda motor injeksi (16 orang) dan plat welder pengelasan GMAW (16 orang). Durasi tiap pelatihan berbeda-beda antara 22 hari hingga 47 hari.

Dalam pelatihan pembuatan roti dan kue, peserta akan diajarkan cara membuat roti yang memenuhi standar industri. Peserta pelatihan desainer grafis muda akan diajarkan mendesain menggunakan Corel Draw dan Adobe Photoshop.

Sementara peserta pelatihan menjahit pakaian dengan mesin akan diberi materi cara membuat rok, blouse, kemeja, dan gamis menggunakan mesin jahit high speed. Lalu peserta pelatihan servis sepeda motor dan plat welder pengelasan masing-masing akan diajarkan cara servis motor injeksi dan cara mengelas.

Ingat, peserta yang berhasil menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Bagi yang berminat, langsung saja mendaftar dengan membuka akun di kemnaker.go.id. Setelah memiliki akun, daftar di tautan blk.karanganyarkab.go.id.

Syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar yakni:

  • Sudah memiliki akun di kemnaker.go.id
  • Usia minimal 17 tahun (sudah punyak KTP)
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal dan tidak sedang bekerja
  • Sanggup mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir (Senin-Jumat pukul 07.30-15.00 WIB)
  • Mempunyai email dan nomor HP aktif
  • Persyaratan khusus: tidak buta warna

Pendaftaran dibuka hingga 26 Januari 2023. Akan ada serangkaian tes mulai dari tes online pada 30 Januari dan wawancara pada 7 Februari. Jika pendaftar lolos kedua tes itu maka mereka akan diminta daftar ulang pada 13 Februari dan mulai pelatihan pada hari itu juga.

Selain gratis, peserta juga akan mendapat beragam fasilitas. Di antaranya seragam, modul pelatihan, alat tulis, makan siang. Yang tak kalah penting adalah uang saku, sertifikat pelatihan bagi yang lulus dan sertifikat kompetensi bagi yang kompeten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya