SOLOPOS.COM - Kontingen Blora meraih juara umum dalam ajang lomba pencak silat IKSPI Kera Sakti Cup I Jawa Tengah di Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali, Senin (1/5/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Kontingen Blora menjadi juara umum I dalam kejuaraan pencak silat Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia atau IKSPI Kera Sakti Cup I tingkat Jawa Tengah yang digelar di Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali, Senin (1/5/2023).

“Juara umum I dari cabang Blora, juara umum II dari Cabang Boyolali, dan juara umum III dari cabang Sukoharjo,” ungkap salah satu panitia lomba, Budy Hary Kusworo, kepada Solopos.com via pesan Whatsapp, Selasa (2/5/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ia mengungkapkan seleksi atlet silat untuk kejuaraan nasional tersebut selesai pada Senin malam sekitar pukul 23.00 WIB. Dari 18 kontingen, ada 15 kontingen yang berhasil pulang membawa medali.

Kontingen Karanganyar membawa lima perunggu; Sukoharjo tiga emas, satu perak, dan tiga perunggu; Magelang satu perak; Blora enam emas, satu perak, dan tiga perunggu di ajang kejuaraan pencak silat IKSPI Kera Sakti Cup I tingkat Jawa Tengah itu.

Kemudian Rembang satu emas, dua perak, dan dua perunggu; Kabupaten Semarang satu perak dan tiga perunggu; Kota Semarang satu perak dan satu perunggu. Kebumen satu emas dan satu perak; Sragen satu emas, dua perak, dan tiga perunggu; Boyolali empat emas dan enam perunggu.

Kontingen Pati dua perak dan satu perunggu; Grobogan satu emas dan satu perak; Kendal satu perunggu; Klaten dua emas, lima perak; dan Solo mendapatkan satu emas, satu perak, dan dua perunggu.

Kejuaraan pencak silat IKSPI Kera Sakti Cup I Jawa Tengah itu diikuti 128 pesilat untuk berebut tiket ke kejuaraan nasional. Lomba digelar di Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali pada Senin (1/5/2023).

Persiapan ke Ajang Nasional

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) IKSPI Kera Sakti Jawa Tengah, Letkol CHB Sukimun, mengungkapkan 18 kontingen yang bergabung dalam seleksi tersebut berasal dari Blora, Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Solo, Magelang, Kebumen, dan daerah lain di Jawa Tengah.

“Ada beberapa jurus yang dilombakan seperti tunggal baku IPSI, tunggal wajib IKS, tunggal Yince, waijen beregu, kelas tanding. Ada yang terbagi putra, putri dan kelompok,” ujarnya saat ditemui wartawan di AHD Boyolali, Senin.

Ia mengatakan masing-masing kelas tanding diambil juara I-III tetapi hanya juara I yang mendapatkan tiket ke tingkat nasional. Akan ada pula juara umum I, II, dan III untuk kontingen yang mendapatkan medali dalam IKSPI Kera Sakti Cup 1 tersebut.

Para pemenang yang mewakili Jawa Tengah nantinya akan dilatih secara intensif sebelum bertanding di kejuaraan pencak silat IKSPI Kera Sakti Cup tingkat nasional di Padepokan IKSPI Kera Sakti Madiun pada 19-25 Juni 2023.

Sukimun berharap dengan adanya kegiatan seleksi pesilat tersebut dapat membuahkan hasil maksimal terutama dari Jawa Tengah untuk mengikuti laga di tingkat nasional. Ia menargetkan nantinya kontingen Jawa Tengah dapat merebut posisi wahid di Madiun.

Dalam kesempatan tersebut, ia berpesan kepada seluruh pesilat IKSPI Kera Sakti untuk selalu menjaga sinergitas dengan rekan-rekan perguruan bela diri yang lain.

“Sebab bela diri bukan wadah untuk mencari musuh, akan tetapi mencari prestasi. Sehingga, generasi yang akan datang setidaknya menjadi pemuda Indonesia yang bermartabat dan berkualitas,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya