SOLOPOS.COM - Situasi pelayanan di Kantor Pos Selogiri, Wonogiri, Jumat (5/7/2013). (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)


Situasi pelayanan di Kantor Pos Selogiri, Wonogiri, Jumat (5/7/2013). (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI–PT Pos Kabupaten Wonogiri akan melakukan pembayaran bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM), Sabtu (6/7/2013).

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Pembagian pada hari pertama itu dilaksanakan di 25 kecamatan dengan lokasi yang berbeda-beda. Di Kecamatan Wonogiri, pembagian BLSM bagi empat desa dipusatkan di Kantor Pos Wonogiri. Sedangkan di Kecamatan Selogiri, pembagian dilakukan di balai desa atau kantor kelurahan masing-masing.

Satgas BLSM Wonogiri, Moch Angsori, menjelaskan secara umum penyaluran BLSM di 25 kecamatan telah siap. Mekanisme pembayaran di semua lokasi sama, yakni warga membawa kartu perlindungan sosial (KPS) dan identitas diri (KTP atau KK). Namun, Angsori mengakui lokasi pembayaran BLSM di tiap daerah berbeda sesuai kondisi wilayah. Selain itu, penentuan lokasi pembayaran juga merupakan hasil kesepakatan antara Kantor Pos, pihak kecamatan dan desa/kelurahan.

“Yang jelas besok [Sabtu] kami sudah siap membayarkan BLSM. Untuk hari pertama besok, tidak semuanya, tapi kami atur jadwalnya agar lancar. Lokasi pembayaran juga beda-beda tergantung kesepakatan wilayah,” jelas Angsori, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (5/7/2013).

Dia menambahkan Sabtu memang direncanakan menjadi hari pertama pembagian BLSM secara massal di semua kecamatan. Rencananya, pembayaran BLSM dilaksanakan sampai, Senin (8/7/2013). Selanjutnya, jika ada penerima yang belum mengambil BLSM jatah mereka, masih bisa dilakukan di Kantor Pos lain hari sebelum akhir Desember 2013.

Di sisi lain, kendati pada Sabtu sudah dilakukan pembayaran BLSM hari pertama, Angsori tak menampik masih ada KPS yang belum terdistribusikan. Sayangnya, hingga Jumat siang, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan petugas penyaluran BLSM di 25 kecamatan, sehingga belum tahu persis berapa KPS yang belum terdistribusi. Kendati demikian, dirinya yakin petugas di lapangan bisa mengatur agar penerima BLSM di desa/kelurahan yang dijadwalkan menerima pembayaran Sabtu, maksimal sudah menerima KPS pada Jumat sore.

Di samping lokasi yang jauh, pertimbangan lain pembayaran BLSM dilakukan di kantor desa/kelurahan adalah kekhawatiran Kantor Pos tidak akan mampu mengantisipasi jika penerima BLSM di satu kecamatan menyerbu kantor. Hal itu seperti disepakati di Kecamatan Selogiri. Camat Selogiri, Bambang Haryanto, mengatakan pembayaran BLSM di Selogiri sengaja dipusatkan di kantor desa/kelurahan karena pembayaran di Kantor Pos terlalu berisiko. Untuk hari pertama, pembayaran BLSM dilaksanakan di empat desa/kelurahan dengan waktu berurutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya