SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka (Solopos.com/Wahyu Prakoso) (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengajukan izin cuti selama dua hari pada Senin (11/12/2023) dan Selasa (12/12/2023).

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua itu dijadwalkan blusukan di Jakarta dan menghadiri debat perdana calon presiden – calon wakil presiden (capres-cawapres) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Solo, Herwin Tri Nugroho mengatakan Gibran mengajukan cuti selama dua hari untuk kegiatan kampanye dan debat perdana capres-cawapres.

“Beliau mengajukan cuti selama dua hari dan sudah disetujui Penjabat (PJ) Gubernur Jateng, Nana Sudjana,” kata dia, saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (11/12/2023).

Herwin menyebut sesuai aturan, pejabat negara yang dicalonkan sebagai capres-cawapres bisa mengajukan cuti kampanye sesuai kebutuhan. Permohonan izin cuti diajukan jauh-jauh hari sebelum waktu pelaksanaan kampanye.

Menurut Herwin, waktu cuti kampanye juga mempertimbangkan agenda pemerintahan dan agenda lain. “Bisa saja cuti kampanye yang diajukan lebih dari dua hari. Namun, tetap mempertimbangkan apakah agenda pemerintahan yang penting atau tidak. Jadi yang terpenting tidak mengganggu jalannya roda pemerintahan,” ujar dia.

Selama cuti, Gibran juga selalu melakukan monitoring setiap program kerja di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Solo.

Dia juga memantau notulen hasil rapat koordinasi (rakor) atau pertemuan lintas sektoral di Kota Solo.

Disinggung pelaksana harian (Plh) Wali Kota Solo, Herwin menyampaikan Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa memimpin Kota Solo selama Gibran Rakabuming menjalani cuti kampanye selama dua hari.

“Pak Wawali Teguh menjadi Plh Wali Kota Solo selama dua hari. Pak Wali direncanakan menjalankan tugas sehari-hari pada Rabu (13/12/2023),” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya