SOLOPOS.COM - Ilustasi cuaca panas di Kota Solo. (freepik)

Solopos.com, SOLO–Menghadapi cuaca panas di Solo dalam beberapa pekan ke depan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah (Jateng) pun mengimbau masyarakat yang melakukan aktivitas di luar ruangan untuk memakai tabir surya.

“Suhu saat ini bisa mencapai 37-38 derajat Celcius [panas],” ujar Kepala Data dan Informasi (Datin) BMKG Jateng, Iis Widya Harmoko, kepada Solopos.com, Jumat (29/9/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Iis pun menjelaskan fenomena cuaca panas di Jawa Tengah, termasuk di Kota Solo akan berlanjut hingga Oktober ini. Cuaca panas ini dimungkinkan akan lebih parah pada Oktober ini.

“Secara klimatologis memang pada bulan-bulan ini suhunya memang panas. Nanti tertinggi di akhir Oktober, karena gerak semu matahari di posisi September, di atas garis khatulistiwa,” imbuh dia.

Iis juga menyarankan dalam menghadapi cuaca panas di Kota Solo ini agar lebih banyak mengonsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Sementara, dari laman bmkg, Minggu (1/10/2023), cuaca panas di Kota Solo mencapai 34 derajat celsius, dengan kelembapan udara 50 persen. Bahkan dalam beberapa hari ke depan, cuaca panas di Solo berlanjut hingga mencapai suhu udara 37 derajat celsius, tepatnya pada Kamis (5/10/2023), dan Jumat (6/10/2023) yang suhu udara mencapai 28 derajat celsius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya