SOLOPOS.COM - Warga menunjukkan uang BPNT senilai Rp400.000 yang diambilnya dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Sragen belum lama ini. (Solopos.com/Dinsos Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Bantuan pangan nontunai (BPNT) atau bantuan sembako bagi 24.642 keluarga penerima manfaat (KPM) untuk Januari-Februari 2023 hingga Senin (27/3/2023) belum cair. Dari jumlah total 62.851 KPM penerima BPNT 2023 berdasarkan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG), baru 38.209 keluarga yang sudah mendapatkan transferan BPNT.

Penjelasan itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sragen, Finuril Hidayati, saat dihubungi Espos saat perjalanan Zuhur Keliling (Hurling) ke Kalijambe, Sragen, Senin (27/3/2023). Finuril menerangkan BPNT sekarang itu bukan berupa barang sembako yang disalurkan lewat e-warong. Melainkan berupa uang senilai Rp200.000 per keluarga per bulan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pencairan bantuan dilakukan setiap bulan sekali sehingga jatah BPNT Januari-Februari 2023 diterimakan ke KPM pada Maret ini. “Data penerima BPNT yang terdata di SIKS-NG sebanyak 62.851 KPM. tetapi berdasarkan laporan dari Bank Himbara [himpunan bank milik negara] baru 38.209 kpm yang sudah tertransfer ke rekening masing-masing KPM,” ujarnya.

Dinsos mendapatkan data berapa KPM yang sudah cair dari bank himbara terkait karena Kementerian Sosial (Kemensos) tidak memberi ke Dinsos. Saat bantuan masih diberikan setiap bulan sekali dalam bentuk sembako, data pencairan bantuan masih diberikan oleh Kemensos.

Saat pandemi Covid-19 dan karena adanya inflasi, ada perubahan skema pencairan menjadi dua bulan sekali. Nilai BPNT untu Januari-Februari 2023 Rp400.000/KPM.

Finuril tidak tahu apa yang menyebabkan BPNT untuk 24.642 KPM belum cair. Dia mengatakan transfer bantuan dari Kemensos dilakukan secara by name by address sehingga membutuhkan proses. “Intinya daerah hanya menerima pemberitahuan dari bank untuk jumlah dan KPM yang sudah ditransfer. Kami baru mendapat pemberitahuan itu pada Senin pagi ini untuk termin 2-3,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Hargiyanto mengeluarkan surat edaran yang beriri tentang pemberitahuan penyaluran program sembako (BPNT) periode Januari-Februari 2023 melalui bank himbara. Sekda memerintahkan camat untuk segera menyosialisasikan penyaluran dan pemanfaatan dana BPNT kepada KPM untuk keperluan pembelian bahan pangan yang ditentukan, yakni karbohidrat, mineral, vitamin, dan protein.

Para pendamping sosial dari tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dan pendamping program keluarga harapan (PKH) supaya mengawasi pelaksanaan BPNT di wilayahnya dan melaporkan kepada Kepala Dinsos Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya