SOLOPOS.COM - Sejumlah sukarelawan bersama warga mengevakuasi jasad warga yang tertimbun tanah longsor di Jenawi, Karanganyar, Jumat (23/12/2022). (Istimewa/Sukarelawan BPBD Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR – Bencana tanah longsor terjadi di Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, pada Jumat (23/12/2022) petang. Satu warga dilaporkan meninggal dunia akibat tertimbun tanah longsor.

Korban meninggal dunia diketahui bernama Gimah, warga Karanglo RT 005 RW003 Desa Sidomukti, Jenawi. Informasi yang dihimpun Solopos.com, bencana tanah longsor terjadi sekitar pukul 18.00 WIB.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Saat itu, wilayah di sekitar Jenawi tengah dilanda hujan yang cukup lebat. Korban di waktu itu tengah menonton televisi di salah satu rumah tetangga.

Setelah hujan mulai reda sekitar Magrib, korban bergegas pulang ke rumah. Namun di tengah perjalanan pulang, tiba-tiba terjadi bencana tanah longsor. Nahas, korban tak sempat menyelamatkan diri. Dia langsung tertimpa material tanah longsoran.

“Proses evakuasi langsung berjalan di sana. Hingga korban berhasil dievakuasi sekitar pukul 20.15 WIB. Korban ditemukan meninggal dunia,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyat Bagus Darmadi kepada Solopos.com, Jumat malam.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 23 Desember 2022, Waspada Bencana

Selanjutnya jenazah korban dibawa ke Puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan luar. Jasad korban lalu diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan.

Bagus mengatakan wilayah Kabupaten Karanganyar dilanda hujan deras sejak siang hari. Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan bencana tanah longsor dan banjir.

“Saat ini, kami masih mendata lokasi longsor dan dampak banjir. Salah satunya banjir di kawasan perkotaan itu karena sistem drainase tak mampu menampung air hujan intensitas tinggi,” katanya.

Baca Juga: Total 5 Kelurahan Dilanda Banjir akibat Luapan Sungai di Pasar Kliwon Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya