SOLOPOS.COM - Penumpang naik Bus Rapid Transit  (BRT) Trans Jateng Koridor I di Jl. Solo-Purwodadi, tepatnya di depan MTsN 8 Sragen, Desa Kalimacan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Kamis (18/11/2021). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Halte The Park Mall, Kabupaten Sukoharjo, bakal menjadi lokasi naik turun penumpang layanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng yang terintegrasi dengan layanan Batik Solo Trans (BST).

“The Park ada halte jadi integrasi di situ dengan BST. Jadi BRT Trans Jateng baik dari arah Solo maupun dari arah Wonogiri nanti kan berhenti di situ,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat (28/7/2023).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Menurut dia, integrasi hanya sebatas lokasi naik turun penumpang bukan termasuk tarif. Penumpang BRT Trans Jateng yang akan naik BST harus membayar sesuai tarif yang ditentukan Kementerian Perhubungan yang menyediakan layanan angkutan perkotaan dengan skema pembelian layanan (Buy The Service) BST.

Berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Tengah (Pergub Jateng) No.4/2019 tentang Tarif Angkutan Aglomerasi Perkotaan BRT Trans Jateng, besaran tarif BRT Trans Jateng Rp4.000 untuk umum. Dan Rp2.000 untuk pelajar, veteran, dan buruh.

Selain itu, penumpang BRT Trans Jateng yang telah membayar tarif dan melakukan perpindahan moda BRT Trans Jateng atau transit dari koridor satu ke koridor lainnya tidak dikenakan tarif baru.

Regulasi itu memungkinkan para penumpang dari Sumberlawang, Sragen tujuan Wonogiri atau sebaliknya cukup sekali terkena tarif dengan transit di Terminal Tirtonadi.  Skema pembelian layanan itu dilakukan Pemprov Jateng.

Sementara itu, tarif umum BST Rp3.700 per orang. Tarif khusus yang berlaku bagi pelajar, mahasiswa, orang lansia, dan orang penyandang disabilitas Rp2.000.

Dishub Solo mendorong penumpang bus dan feeder BST khususnya pelajar, orang lansia, dan penumpang berkebutuhan khusus untuk melakukan pendaftaran dan aktivasi supaya bisa menikmati tarif khusus BST.

Pendaftaran bisa dilakukan di Kantor Dishub Solo dan Mal Pelayanan Publik (MPP) Solo atau pada event khusus seperti Solo Car Free Day. Pengguna layanan bus dan feeder BST diminta membawa KTP/kartu pelajar/kartu mahasiswa dan e-money untuk registrasi.

Adapun rute BRT Trans Jateng dari Terminal Tirtonadi- Terminal Tipe C Wonogiri, yakni Terminal Tirtonadi, Jl A Yani, Jl Jend Urip Sumoharjo, Jl Jend Sudirman (Benteng Vastenburg), Jl Mayor Sunaryo.

Kemudian Jl Kapten Mulyadi, Jl Veteran, Jl Brigjen Sudiarto, The Park Mall Solo, Jl Brigjen Sudiarto (Jl Solo- Sukoharjo), Jl Slamet Riyadi, Terminal Sukoharjo, Jl Raya Sukoharjo- Wonogiri, Terminal A Giri Adipura, Jl RM Said, Jl Jend A Yani, Jl Pemuda I, Jl Murti Pranoto, Jl K.H Ahmad Dahlan, Jl Ir Sutami, Jl Manyar I, Terminal Tipe C Wonogiri.

Sementara rute Terminal Tipe C Wonogiri-Terminal Tirtonadi Solo, yakni Terminal Tipe C Wonogiri, Jl Jend A Yani, Jl RM Said, Terminal Tipe A Giri Adipura, Jl Raya Sukoharjo- Wonogiri, Terminal Sukoharjo.

Selanjutnya Jl Slamet Riyadi, Jl Raya Sukoharjo-Wonogiri, Jl Raya Solo Baru, Jl Brigjen Sudiarto, The Park Mall Solo,  Jl Brigjen Sudiarto, Jl Veteran, Jl Kapten Mulyadi, Jl Mayor Kusmanto, Jl Jend Sudirman, Jl Jend Urip Sumoharjo, Jl A Yani, Terminal Tirtonadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya