SOLOPOS.COM - Sekda Budi Murtono menggantikan Ahyani yang memasuki masa pensiun per 1 Desember 2023. (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO–Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Budi Murtono dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Solo menggantikan Ahyani yang memasuki masa pensiun per 1 Desember 2023.

Budi Murtono mengalahkan dua calon lainnya, yakni Sekretaris DPRD Solo Kinkin Sultanul Hakim, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tulus Widajat.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Pelantikan Budi Murtono sebagai Sekda Solo dilakukan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Jumat (1/12/2023).

Wali Kota Gibran Rakabuming Raka menyatakan Sekda Budi Murtono diharapkan bisa melanjutkan prestasi yang telah diraih dan terus berinovasi.

“Tak hanya itu harus merampungkan 17 titik prioritas di Kota Solo,” jelas Wali Kota.

Sebelumnya, dalam debat calon Sekda Solo, Sabtu (28/10/2023) malam, Budi Murtono menjelaskan ASN didorong menjadi human capital atau pegawai yang punya harga dan modal.

ASN Kota Solo didorong punya kemampuan kompetitif yang tinggi dengan menguasai teknologi, bahasa asing, sikap ramah, kemampuan menjalankan networking, dan memiliki jiwa entrepreneurship.

“Ini yang kami dorong dan kalau saya jadi Sekda ASN akan saya sekolahkan IT dan bahasa Inggris,” jelas dia.

Menurut dia, kebutuhan ASN dan kuota ASN sudah tidak berimbang. Lebih-lebih kini pemerintah daerah menghadapi kendala batasan belanja pegawai melalui APBD maksimal 30 persen berdasarkan Undang-undang No. 1/2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Upaya yang kami lakukan supaya ASN lebih optimal dengan meningkatkan kemampuannya sehingga ASN bisa melayani lebih banyak. Sekarang jumlah ASN dianggap belum optimalkan, kami optimalkan dengan kinerjanya. kami berharap penggunaan teknologi informasi atau IT menjadi daya dukung kinerja ASN,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya