SOLOPOS.COM - Taman Kuliner sebelah Mal Pelayanan Publik (MPP) Klaten, Jl Mayor Kusmanto, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, Rabu (15/2/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENTaman Kuliner di dekat Mal Pelayanan Publik (MPP) Klaten bakal dibuka hingga pukul 24.00 WIB. Salah satu fasilitas yang disediakan di kawasan itu, yakni wifi gratis.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Klaten, Anang Widjatmoko, menjelaskan bakal ada fasilitas wifi gratis di Taman Kuliner. Selain itu, Pemkab menyiapkan fasilitas pendukung lainnya, seperti seperti toilet, taman, meja-kursi, dan lain-lain.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Di sana fasilitas kami siapkan. Untuk pedagang di sana sebenarnya hanya membayar kios,” kata Anang saat ditemui di Pendapa Pemkab Klaten, Senin (20/2/2023).

Anang berharap setelah mulai berjualan di kawasan itu, para pedagang bisa ikut merawat berbagai fasilitas yang sudah disediakan Pemkab di Taman Kuliner. Hal itu termasuk soal kebersihan kawasan dan lain-lain.

Soal jam beroperasi, Anang menjelaskan pada tahap awal Taman Kuliner dioperasikan hingga pukul 24.00 WIB setiap harinya.

Proyek pembangunan Taman Kuliner dibiayai dari APBD Klaten selama dua tahun pada 2021 dan 2022 dengan total anggaran sekitar Rp8,9 miliar. Sesuai namanya, kawasan tersebut berupa taman yang dilengkapi deretan kios yang bakal menjadi tempat berjualan para pedagang kuliner.

Lokasi tersebut menyambung dengan kawasan MPP serta Gedung Wanita. Taman Kuliner dilengkapi lanskap kolam air mancur jalur pedestrian. Kawasan parkir di tempat itu cukup luas.

Kios berderet di utara kawasan itu dilengkapi jalur pedestrian serta peneduh. Meja serta kursi di tata di sepanjang jalur yang berada di depan deretan kios pedagang.

Pada sisi timur, terdapat bangunan berlantai dua bergaya arsitektur modern. Bangunan itu juga menjadi kawasan pusat kuliner dengan deretan kios pedagang di lantai I maupun lantai II. Di depan kios, disediakan meja serta kursi yang bisa digunakan pengunjung untuk menyantap hidangan.

Begitu pula pada lantai II berupa deretan kios dan terdapat meja serta kursi yang bisa dimanfaatkan pengunjung menyantap hidangan mereka. Di lantai II tersebut ada beberapa lokasi selfie.

Jumlah total kios yang disediakan di Taman Kuliner sebanyak 44 kios. Area kios 1 atau kios di sisi utara ada 17 kios dengan masing-masing kios berukuran 2,5 meter x 3,35 meter.

Total kios 2 atau kawasan di bangunan berlantai II yakni 19 kios dengan ukuran kios 2,5 meter x 3,4 meter. Sementara, ada delapan kios gerobak dengan masing-masing kios berukuran 2 meter x 3,35 meter.

Para pedagang yang akan mengawali menempati kios di Taman Kuliner, yakni pedagang yang direlokasi dari kios di depan Masjid Raya Klaten. Sebanyak 21 pedagang direlokasi ke Taman Kuliner yang berlokasi di Jl. Mayor Kusmanto, Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah.

Pada Rabu (15/2/2023) lalu, sebanyak 21 pedagang tersebut sudah menerima kunci kios baru yang bakal mereka tempati di Taman Kuliner. Rencananya, Taman Kuliner diresmikan pada Sabtu (25/2/2023) malam.

“Untuk sementara ditempati 21 pedagang ini dulu. Kami masih menunggu petunjuk dari bupati [untuk pengisian kios lainnya di Taman Kuliner],” kata Anang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya