SOLOPOS.COM - Warga berjalan di kawasan Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Sabtu (16/4/2022) sore. Kegiatan pada Ramadan tahun ini di Masjid Agung Al Aqsha Klaten kembali mengeliat. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Masjid terbesar di Kabupaten Klaten, yakni Masjid Agung Al Aqsha di Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, menyediakan 200 paket takjil atau makanan berbuka puasa gratis bagi jemaah.

Paket takjil itu disediakan setiap hari dengan menu berbeda-beda. Hal itu sebagai bagian rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Ramadan di Masjid Agung Al Aqsha.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Bidang Idarah Takmir Masjid Agung Al Aqsha Klaten, M Mujab, menjelaskan selain salat fardu, Salat Tarwih berjamaah juga digelar di masjid tersebut. Ada dua versi salat tarawih yakni delapan rakaat dan 20 rakaat.

“Jadi setelah Salat Isya berjamaah, kemudian diisi ceramah. Setelah itu baru digelar Salat Tarawih berjemaah,” kata Mujab saat dihubungi Solopos.com, Kamis (23/3/2023).

Mujab menjelasngkan Salat Tarawih di Masjid Al Aqsha sebenarnya bukan dua versi. Seluruh jemaah awalnya bersama-sama Salat Tarawih. Setelah delapan rakaat, mereka yang akan melaksanakan 20 rakaat mundur dulu dari saf agar yang delapan rakaat melaksanakan witir tiga rakaat.

Setelah itu, baru dilanjutkan salah tarawih hingga 20 rakaat. Mujab menjelaskan salat tarawih delapan rakaat dan 20 rakaat itu sudah dilakukan sejak awal Masjid Agung Al Aqsha Klaten dibuka untuk umum.

“Karena masjid Al Aqsha Klaten menjadi masji persatuan dan kesatuan ukhuwah islamiyah sehingga dilakukan salat tarawih ada yang delapan rakaat dan 20 rakaat,” jelas dia.

Selain salat tarawih berjamaah, Mujab menjelaskan kegiatan lainnya selama Ramadan yakni ceramah bakda Subuh, pengajian menjelang waktu berbuka puasa, berbagai kajian, hingga iktikaf pada 21-30 Ramadan.

Terkait buka puasa bersama, Mujab mengatakan sekitar 200 porsi makanan untuk buka puasa setiap harinya selama Ramadan. “Untuk menunya setiap hari berbeda-beda,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya