SOLOPOS.COM - Tiga anak eks Bupati Sukoharjo Bambang Riyanto terpilih menjadi anggota DPRD di Sukoharjo dan Solo di Pemilu 2024. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Putra dari mantan Bupati Sukoharjo, Bambang Riyanto, yang diprediksi lolos sebagai anggota DPRD di Pemilu 2024, ternyata bukan dua.

Tapi, semua putra atau tiga anak dari politikus kawakan Sukoharjo itu, diyakini lolos. Mereka yaitu Yudha Sindu Riyanto dan Yanuar Sindu Riyanto, lolos sebagai anggota DPRD Solo. Satu lagi Yoshua Sindu Riyanto yang maju DPRD Sukoharjo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Yudha maju dari Dapil I Solo meliputi Kecamatan Pasar Kliwon dan Serengan, Yanuar maju dari Dapil II Solo meliputi Kecamatan Laweyan, dan Yoshua maju dari Dapil IV Sukoharjo meliputi Kecamatan Grogol. Hal itu disampaikan Yanuar.

“Kakakku [Yoshua] juga jadi [DPRD Sukoharjo], dari Dapil Grogol,” ujar dia, Selasa (27/2/2024). Yanuar menjelaskan Yoshua merupakan putra sulung dari Bambang Riyanto. Sedangkan dirinya putra kedua, serta Yudha putra bungsu.

“Mas Yoshua umur 33 tahun, sudah berkeluarga. Saya 31 tahun, belum berkeluarga, tapi sudah ada calon. Adik saya Yudha 29 tahun, belum berkeluarga. Mas Yoshua dulu periode 2014-2019 pernah jadi anggota DPRD Sukoharjo,” kata dia.

Setelah gagal lolos ke DPRD Sukoharjo pada Pemilu 2019, Yanuar mengatakan, kakaknya kembali maju di Pemilu 2024 dan lolos. “Berarti ini Mas Yoshua mau masuk periode kedua. Bapak juga nyaleg DPR, tapi kayaknya tidak lolos,” urai dia.

Ihwal alasan tiga anak Bambang Riyanto maju sebagai Caleg DPRD Solo dan Sukoharjo, menurut Yanuar, karena memang punya ketertarikan di bidang politik. Kondisi itu ditunjang dengan sokongan dari sang ayah yang banyak pengalaman.

“Kalau saya pribadi pernah kerja di DPR, lalu ditawari oleh bapak, kami saling terbuka, komunikasi. Bagaimana kalau ada kesempatan ke DPRD, bapak punya pengalamanan, bisa membimbing, semua ditanya, semuanya mau,” ungkap dia.

Disinggung alasan bergabung ke Partai Gerindra, Yanuar menjelaskan karena Bambang diajak bergabung oleh Prabowo Subianto ketika nyaleg DPR kali pertama. Setelah berada di partai itu, dia melanjutkan, sang ayah bisa merasa cocok.

“Bapak dulu kali pertama mencalonkan DPR, yang mengajak ke Gerindra Pak Prabowo langsung. Di Gerindra, bapak merasa, partai ini cocok dengan cara kerja bapak. Anak-anaknya diarahkan ke Gerindra, semua juga sama,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya