SOLOPOS.COM - Warga melintas di depan Kori Kamandungan, kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kamis (7/10/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KP Dani Nur Adiningrat, mengakui pernah membaca naskah atau tulisan tentang sosok Goplem, raksasa gaib yang diyakini sebagai penunggu Keraton Solo.

“Saya sempat baca ada naskah yang menyebutkan tentang itu. Tapi seperti diketahui, itu tidak jamak di lingkungan Keraton. Biasanya abdi dalem justru ditemui sosok Kiai Poleng dan Kiai Jodrono,” ujarnya, Kamis (25/8/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Menurut Dani, Kiai Poleng dan Kiai Jodrono dipercaya sebagian abdi dalem sepasang raksasa gaib yang menunggui kawasan Keraton Solo. Dua sosok raksasa itu tidak menetap di satu lokasi, melainkan sering berkeliling.

“Mereka dipercaya selalu berkeliling kawasan Keraton dan konon berasal dari Kerajaan Majapahit. Sosok mereka seperti raksasa, besar sekali. Kira-kira tingginya hampir sama dengan Menara Sangga Buwono,” katanya.

Dalam beberapa cerita rakyat yang berkembang, Dani melanjutkan Kiai Poleng dan Kiai Jodrono bersosok seperti manusia tapi dengan ukuran raksasa. Namun mereka disebut bisa berubah bentuk sesuai keinginan.

Baca Juga: Kisah Mistis Goplem, Raksasa Gaib Penunggu Sitihinggil Keraton Solo

“Kiai Jodrono palenggahannya dipercaya di kawasan Keputren. Kiai Poleng berpindah-pindah. Tapi seringnya di atas Sasana Wilapa. Tapi mereka dipercaya bisa menampakkan diri di mana saja di Keraton,” tuturnya tentang raksasa gaib di Keraton Solo.

Ditanya apakah Kiai Poleng dan Kiai Jodrono sama dengan sosok Goplem, menurut Dani berbeda. Lebih jauh, Dani menjelaskan cerita tentang pedanyangan di Keraton Solo bisa saja diambil dari serat berdasar folklore.

Namun Keraton Solo tetap mempunyai pemahaman baku mengenai makhluk halus apa, siapa, dan dari mana mereka. Termasuk di lokasi mana mereka bersemayam di wilayah Keraton. Misalnya mengenai sosok penunggu Gladak.

“Siapa yang berjaga di Gladak, Keraton punya nama tersendiri siapa yang ditugaskan untuk duduk di tempat-tempat tertentu. Tentu saja pemahaman dari Keraton itu tidak untuk dipublikasikan,” urainya.

Baca Juga: Keraton Solo Tutup Sura dengan Pentas Wayang Kulit Semalaman, Catat Tanggalnya

Pemimpin Para Danyang

Diberitakan sebelumnya, keberadaan Keraton Solo diyakini sebagian masyarakat tidak bisa dilepaskan dari sosok-sosok astral atau Danyang yang menghuni berbagai lokasi di kawasan itu.

Diantara danyang-danyang tersebut, ada sosok yang disebut sebagai pemimpinnya. Sosok itu bernama Goplem, penunggu Keraton Solo yang berwujud raksasa gaib dengan ramput hitam ikal dan panjang.

Ketua Solo Societeit, Dani Saptoni, mengungkapkan kisah Goplem diceritakan dalam Serat Kidungan Para Danyang Ing Praja Surakarta. Di situ disebutkan “Si Goplem Kabayanira” atau pemimpin dari para danyang.

“Di tembang disebutkan Si Goplem Kabayanira, maksudnya pemimpin dari para Danyang yang menjaga Keraton dan sekitarnya, baik di dalam maupun di luar,” terangnya via telepon, Selasa (23/8/2022).

Baca Juga: Keraton Solo Punya 9 Meriam Pusaka, Ini yang Paling Keramat

Sosok raksasa gaib Goplem diyakini senang bersemayam di Sitihinggil, tempat yang paling tinggi di Keraton Solo. Kompleks Sitihinggil juga diyakini orang merupakan tempat yang paling sakral di Keraton Solo.

“Goplem memimpin semua danyang yang ada di Keraton. Kalau berdasarkan nama, personifikasi visualnya Goplem berupa raksasa. Di beberapa serat yang ada itu juga menyebut nama Goplem,” imbuhnya..

Kisah tentang Goplem, menurut Dani, tidak hanya ada di Serat Kidungan Para Danyang Ing Praja Surakarta. Tapi juga di tulisan seorang pujangga bernama Kiai Rangga Sutrasna. Dia menulis atas perintah PB V.

Kiai Rangga Sutrasna adalah sosok pujanga yang ikut andil dalam pembuatan Serat Centini. Merujuk sumber literasi itu, Dani menjelaskan, Goplem mempunyai watak kstaria, prajurit setia, disegani, dan pemberani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya