SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintas di area lahan bekas Terminal Giri Adipura Wonogiri, Lingkungan Klampisan, Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Rabu (18/1/2023). Di lahan itu sempat direncanakan dibangun hotel dan mal. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Alih-alih mal atau hotel, sejumlah warganet mengusulkan agar lahan eks Terminal Giri Adipura di Kaliancar, Selogiri, Wonogiri, dibangun masjid ikonik atau sarana olahraga seperti stadion.

Usulan itu disampaikan warganet dalam kolom komentar unggahan akun Instgram @wonogiri_terkini mengenai berita Solopos.com berjudul Sempat akan Dibangun Mal & Hotel, Eks Terminal Giri Adipura Wonogiri Kini Kumuh, Rabu (18/1/2023).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Dbangun stadion biar anak2 wonogiri semain bnyak prestasi krna sdah ada wadahnya. Khususnya punya klub sepak bila [bola] sendiri yg besar,” komentar warganet dengan akun @henrynoft.

“Mending di bangun saran [sarana] olahraga,” timpal warganet lain dengan akun @adsuwandi23.

“Dibagun masjid besar yg halamanya luas dan ikonik,” tulis @widi.prstiyo.

“Jadi lapangan malam jos. Biasa dipakai di acara yg butuh lahan jembar,” komentar @ijahanp_.

Meski demikian ada pula warganet yang setuju lahan eks Terminal Giri Adipura Wonogiri dibangun hotel dan mal. Salah satunya pengguna akun @adifagundez yang menyebut pembangunan mal dan hotel akan mengurangi pengangguran.

“Di bangun hotel dan mall biar mengurangi pengangguran di wonogiri,” tulisnya.

“di bagun mall donk biar punya mall gak usah takut berdampak pada pasar tradisional,segmen’nya aja udah beda…. klo emg niatnya mau beli di mall biarpun ke solo.malah wonogiri semakin rame,bisa mengangkat perekonomian umkm sekitar,menyerap lapangan kerja,satu lagi tambah akeh tukang parkire,” komentar akun @mj_ion.

“Leres.. Biar gak usah jauh-jauh ke solo kalo pengen NgeMall.. Soale wonogiri blass gak ada Mall,” timpal @aries_nuellaza.

Seperti diberitakan sebelumnya, mal dan hotel bintang tiga pernah direncanakan dibangun di lahan eks Terminal Giri Adipura, Wonogiri, di Kaliancar, Selogiri, pada 2018. Investornya adalah Stern Resources, perusahaan investasi asal New York, Amerika Serikat.

Investor Amerika

Nilai investasinya pun terbilang fantastis, mencapai Rp200 miliar. Pada 24 Agustus 2018, jajaran pimpinan perusahaan tersebut menemui Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

Di antara mereka ada Direktur Stern Resources, Dinnah Tanuhardja. Mereka diterima di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Kepada wartawan saat itu, Dinnah mengatakan Wonogiri memiliki sektor pariwisata yang sangat bagus seperti laut, alam, gunung, waduk, ditambah memiliki lingkungan bersih.

Hal itu menjadi alasan Stern Resources ingin menanam investasi di Wonogiri. “Anggaran yang kami siapkan untuk hotel bintang tiga dan mal sekitar Rp200 miliar namun jumlah itu dapat bertambah karena kami tertarik dalam pengembangan pariwisata di sekitar Waduk Gajah Mungkur serta pembangunan di sektor kesehatan yakni rumah sakit,” ujarnya.

Pembangunan hotel dan mal direncanakan menempati lahan bekas terminal lama Giri Adipura di Klampisan, Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Hotel rencananya terintegrasi dengan mal dan convention center namun tetap memperhatikan UMKM lokal Wonogiri agar semakin berkembang.

Kini, hampir lima tahun berlalu dan tidak aktivitas pembangunan apa pun di lahan bekas terminal Giri Adipura maupun lokasi lain di Wonogiri dari perusahaan tersebut. Pun tidak ada kabar lanjutan dari perusahaan itu mengenai rencana pembangunan mal dan hotel di Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya