SOLOPOS.COM - Santri putra menunggu waktu buka puasa saat acara buka akbar dalam Kampung Ramadan di halaman Pondok Pesantren Darul Quran, Sabtu (9/4/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pondok Pesantren Darul Quran Solo (Daquso) di Gajahan, Colomadu, Karanganyar, memiliki cara unik untuk menikmati buka puasa bersama atau bukber. Acara yang digelar pada Sabtu (9/4/2022) itu diikuti sekitar 700 santri baik putra maupun putri.

Mereka duduk berjejer berhadap-hadapan di pinggir Jl Palem Raya, Gajahan. Makanan disajikan beralas daun pisang di atas tikar plastik yang digelar sepanjang mencapai 200 meter.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Baca Juga: Mayoritas RT Solo Zona Hijau Covid-19, Siap Terima Pemudik Lebaran?

Inisiator dan Penasihat Kampung Ramadan Daquso, Abdul Muid Badrun, mengatakan event tersebut untuk menyinergikan antara ponpes dengan masyarakat sekitar. Ponpes juga bekerja sama dengan perangkat desa dalam penyelenggaraan acara yang merupakan bagian dari Kampung Ramadan Daquso.

“Hari Sabtu (10/4/2022) kami mengadakan buka bersama akbar sepanjang jalan,” ungkapnya saat ditemui Solopos.com di lokasi acara, Sabtu.

Baca Juga: Pasar Takjil Semarak Ramadan Solo Tampung 200 UMKM, Gini Cara Daftarnya

Ada berbagai kegiatan di Kamung Ramadan Daquso, mulai dari pasar sore dan pasar malam pedagang kaki lima oleh warga Gajahan, Colomadu. Ditambah dengan buka bersama akbar yang diikuti oleh seluruh santri Ponpes Darul Quran Solo.

Salah satu warga setempat, Mirna, 35, mengatakan Kampung Ramadan dapat menjadi wadah untuk mengembangkan bisnis kecil dan menumbuhkan kedekatan antara santri dengan masyarakat.

Baca Juga: Kirab Malam Selikuran Dan Tradisi Unik Lain Keraton Solo saat Ramadan

“Adanya Kampung Ramadan sebagai suatu inovasi dan wadah untuk mengembangkan perekonomian dari jualan di pasar sore dan malam, jadi kami sangat berterima kasih sekali,” ungkapnya saat dihubungi Solopos.com.

Santri putra, Rozan, 18, mengatakan kegiatan saat Ramadan itu sangat seru. “Tentunya kami semua jadi lebih dekat dengan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Salat Jumat Pertama Ramadan 2022 di Masjid Agung Solo

Dalam acara buka puasa akbar tersebut, Ponpes Daquso juga mengundang tokoh tokoh masyarakat, kepala desa, ketua BPD, RT RW untuk hadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya