SOLOPOS.COM - Lokasi Merbabu Camping Ground di Dukuh Grintingan, Lencoh, Selo, Boyolali. (Instagram @@merbabu_campingground)

Solopos.com, BOYOLALI — Wilayah Boyolali yang berada di lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu menawarkan potensi wisata alam termasuk wisata camping dengan pemandangannya yang indah dan menawan.

Camping atau berkemah menjadi salah satu cara terbaik menikmati keindahan alam baik saat sunrise, sunset, atau suasana damainya malam.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ada banyak pilihan tempat camping di Boyolali. Semuanya punya daya tarik baik dari sisi fasilitas, lokasi, maupun keindahan pemandangannya. Berikut beberapa rekomendasi tempat camping asyik di Boyolali yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber:

1. Wisata Gunung Nganten

Berlokasi di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali, wisata Gunung Nganten memadukan keindahan alam, taman, camping ground, dan area permainan dengan latar Gunung Merapi.

Selain camping ground, tersedia spot foto persis di depan Gunung Merapi serta aneka kuliner. Mengutip wisata.disporapar.boyolali.go.id, pengunjung cukup bayar tarif parkir kendaraan untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi di Gunung Nganten. Fasilitas musala dan kamar mandi juga disediakan.

2. Bukit Gancik

Laman bob.kemenparekraf.go.id menyebut Bukit Gancik yang berlokasi di Desa Selo, Kecamatan Selo, Boyolali, merupakan tempat wisata yang menyimpan sejuta keindahan.

Ada banyak fasilitas termasuk camping ground yang ditawarkan objek wisata Bukit Gancik, Boyolali, sehingga bisa menjadi tempat yang cocok untuk menikmati waktu luang saat rekreasi dan liburan.

wisata camping boyolali
Bukit Gancik di Desa/Kecamatan Selo, Boyolali. (bob.kemenparekraf.go.id)

Di lokasi ini juga ada gardu pandang untuk menikmati pemandangan menakjubkan dari ketinggian. Panorama indah langsung tersaji di depan mata yang membuat wisatawan betah berlama-lama.

Biaya tiket masuk ke objek wisata ini cukup murah yakni Rp5.000 per orang. Tersedia area parkir yang luas, pusat informasi wisata, toilet umum, fasilitas air bersih, ojek motor, deck view, jalur pendakian Merbabu, sepeda gantung, dan masih banyak lagi.

3. New Selo

Objek wisata lain di Boyolali yang juga menawarkan camping ground adalah New Selo. Mengutip laman bob.kememparekraf.go.id, New Selo merupakan wisata alam dengan sajian pesona yang menakjubkan.

Wisata ini menyuguhkan keindahan tempat piknik yang akan menghipnotis para penikmatnya. Akses jalannya baik dengan plang penunjuk arah untuk memudahkan perjalanan.

Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung perlu membayar tiket masuk Rp10.000 per orang. Jika membawa kendaraan tarif parkirnya Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Harga tiket wisata dan tambahan lainnya bisa berubah sewaktu-waktu. New Selo bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB. Lokasinya berada di Samiran, Kecamatan Selo, kurang lebih 24 km dari pusat kota Boyolali.

Selain camping ground, ada gazebo, sunrise view point, warung wisata, pusat informasi, toilet dan kamar mandi, musala, dan lain-lain di objek wisata Boyolali ini.

4. Merbabu Camping Ground

Lokasi wisata camping ini berlokasi di Dukuh Grintingan, Desa Lencoh, Kecamatan Selo. Camping di lokasi ini menawarkan keindahan alam baik saat siang maupun malam.

Siang hari, pengunjung akan disuguhi pemandangan gagahnya Gunung Merbabu sedangkan pada malam hari akan terlihat kerlip lampu (city light) dari kawasan kota dan desa-desa di lereng gunung.

Biaya tiket masuk ke objek wisata ini cukup murah. Akun Instagram @merbabu_campingground dan @dolanboyolali menginformasikan pengunjung dikenai biaya tiket masuk Rp10.000 per orang.

Sedangkan parkir kendaraan dikenai tarif Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil. Bagi yang tidak membawa peralatan camping tidak perlu khawatir karena pengelola tempat wisata di Boyolali ini menyediakan peralatan seperti tenda dan lainnya.

Sebelum berkunjung, wisatawan disarankan untuk booking atau reservasi terlebih dahulu ke contact person dan mengisi Google form yang tersedia di akun Instagram @merbabu_campingground.

5. Embung Manajar

Embung Manajar yang berlokasi di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Boyolali, dikelola oleh masyarakat sekitar. Untuk masuk ke objek wisata itu, pengunjung mesti membayar biaya tiket masuk senilai Rp5.000 per orang hanya untuk wisatanya.

wisata camping boyolali
Embung Manajar di Desa Samiran, Selo, Boyolali. (Instagram @embung_manajar_official)

Sedangkan jika pengunjung ingin camping di objek wisata Embung Manajar, Boyolali, mesti membayar Rp15.000 per orang. “Itu peralatan camping bawa sendiri dan biasanya loket buka pukul 08.00 WIB-17.00 WIB. Kadang yang berangkat ke sana sebelum atau sesudah itu juga tidak membayar,” ujar pengelola akun Instagram @embung_manajar_official, Hasyim, kepada Solopos.com, beberapa waktu lalu.

Embung Manajar menawarkan trek yang menantang dan pemandangan yang indah dari ketinggian lereng Merapi Boyolali. Untuk mencapai embung, dari loket tiket pengunjung harus naik kurang lebih satu kilometer dengan medan yang berliku dan menanjak.

Pengunjung yang menggunakan sepeda motor diperbolehkan langsung naik membawa sepeda motornya. Akan tetapi untuk pengguna kendaraan roda empat mesti parkir di dekat loket tiket di bawah.

“Selain itu, yang ditawarkan itu sunrise dan sunset. Banyak orang yang datang pada pukul 03.00 WIB dini hari untuk menikmati sunrise, dan pada sore hari untuk menikmati sunset. Kalau cuaca cerah juga bisa lihat Gunung Merapi, Lawu, Sindoro, Sumbing dan lain-lain, asal cerah,” jelasnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya