SOLOPOS.COM - Pengunjung berfoto di ikon Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo dengan background Kedung Ombo. Untuk parkir di tempat ini, sepeda motor dikenai tarif Rp3.000 dan mobil Rp5.000. (Solopos/Ni'matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Wana Wisata Kedung Cinta, Kedung Ombo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Wana Mandiri Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Boyolali bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wonomulyo.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Lapangan Wana Wisata Kedung Cinta, Kedung Ombo, Boyolali, Pujiyanto, kepada Solopos.com saat ditemui di lokasi Minggu (27/2/2022). “Kami sudah memperpanjang izin dua kali. Berarti, ini sudah empat tahun mau berjalan lima [tahun]. Mungkin sudah sekitar 2017 kami kelola,” ungkap Pujiyanto.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Baca Juga : Makan di Warung Apung Sambil Nonton Waduk Kedungombo Boyolali Ngangenin

Lebih lanjut, Pujiyanto mengatakan awal mula tempat wisata tersebut dikelola Perhutani sejak tahun 1998. Saat itu Perhutani memanfaatkan wana wisata untuk pembibitan di petak-petak hutan.

“Berhubung waktu itu ada peminat yang ke sini. Dari awalnya pemancing, kemudian orang berkemah. Ada yang main juga, terus diproses jadi tempat wisata,” kata dia.

Puji menyampaikan pengunjung dikenai tarif Rp10.000 untuk masuk ke Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo, Boyolali. “Harga tiket masuk per orang Rp10.000 itu sama ya weekday dan weekend. Untuk parkir motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000,” jelasnya.

Baca Juga : Wisata Alam Kedung Cinta Kedungombo Boyolali Kembali Dibuka

Sebagai informasi, di dalam Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo ini ada beberapa wahana yang dapat dinikmati pengunjung. Seperti, ikon Kedung Cinta, Warung Makan Apung Kedung Ombo, wisata air, dan lain-lain.

“Kalau di sini mengandalkan wisata kuliner. Jadi pengunjung rata-rata tujuannya ke sini makan santai sambil menikmati pemandangan air. Yang biasanya ramai yang di Warung Apung,” ceritanya.

Pengunjung Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo mencapai 120 pengunjung saat hari biasa. “Pas harian biasa ya 100 hingga 120 orang yang masuk. Kalau pas tinggi, misal Minggu gitu antara 700 hingga 1.100-an pengunjung. Untuk siang ini, tercatat baru sekitar 600 hingga 700 orang yang masuk,” ungkap dia.

Baca Juga : 37 Desa Ditenggelamkan Demi Waduk Kedung Ombo

Kebanyakan pengunjung tempat wisata tersebut berasal dari daerah Jawa Tengah bagian utara. “Kebanyakan pengunjung dari utara ya seperti Grobogan, Demak, Sragen. Terus, tadi juga ada yang dari Salatiga,” tutur dia.

Salah satu pengunjung, Noviana, 22, mengaku berasal dari Demak. Ia mengunjungi Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo, Boyolali karena mengagumi pemandangan di kompleks wana wisata tersebut yang menurutnya bagus.

“Tadi dari Demak jam 10.00 WIB pagi. Sampai sini jam 12.00 WIB siang. Ke sini buat refreshing libur kerja. Di sini pemandangannya bagus, alamnya tenang. Cocok untuk healing dan muter-muter sekitar sini,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya