SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, memberi pengaahan dalam Kelas Ibu Hamil (bumil) di Puskesmas Colomadu II, Kamis (16/6/2022). (Istimewa/Puskesmas II Colomadu)

Solopos.com, KARANGANYAR — Guna mengurangi risiko pada kehamilan, Puskesmas II Colomadu, Kabupaten Karanganyar menyosialisasikan program Antenatal Care (AnC) kepada para ibu hamil (bumil). Kegiatan ini digelar di puskesmas setempat, Kamis (16/6/2022).

Pemeriksaan AnC merupakan pemeriksaan kehamilan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental bumil secara optimal. Harapannya bumil mampu menghadapi masa persalinan, nifas, menghadapi persiapan pemberian ASI secara eksklusif, serta kembalinya kesehatan alat reproduksi dengan wajar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Puskesmas Colomadu, drg. Ririn Nurliyani, mengatakan dengan sosialisasi dan edukasi ini, diharapkan para bumil paham. Proses kehamilan hingga persalinan pun bisa berjalan lancar.

“Tentunya kami mendorong agar bumil melakukan pemeriksaan kesehatan kehamilan mereka secara rutin kepada bidan atau pusat-pusat pelayanan kesehatan supaya risiko-risiko selama kehamilan bisa dikurangi,” ujarnya saat ditemui usai acara.

Baca Juga: Polres Karanganyar Cari Data Bumil Untuk Ungkap Pelaku Pembuang Bayi

Saat ini di Colomadu terdapat 141 ibu yang sedang mengandung bayi. Selain sosialisasi program AnC tersebut, Puskesmas II Colomadu  juga membuka kelas bumil secara rutin. Kelas ini diikuti para bumil dan suami dengan materi pengetahuan tentang perencanaan bersama.

“Kegiatan seperti kelas bumil sudah sering dilakukan. Tujuannya adalah memberikan pengetahuan tentang kehamilan dan merencanakan kehamilan bersama suami dan istri. Rencana ini menyangkut berapa kali kehamilan, risiko-risikonya dan upaya pengurangannya, bagaimana persalinannya, dan lain-lain sehingga persalinan dapat berjalan lancar,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya