SOLOPOS.COM - Aparat gabungan TNI/Polri mengerahkan anjing pelacak menyisir sejumlah gereja di Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Minggu (28/3/2021). (Istimewa/Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Aparat gabungan TNI/Polri wilayah Kabupaten Sukoharjo menyisir gereja menggunakan anjing pelacak. Hal itu sebagai langkah antisipasi menyusul serangan bom bunuh diri di Gereja Katedral Makasar pada Minggu (28/3/2021).

Kabid Sabhara Polres Sukoharjo Iptu Sri Hariyanto mengatakan penyisiran gereja sebagai bentuk antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Selain itu mengantisipasi aksi serangan bom bunuh diri seperti terjadi di Gereja Katedral Makassar.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Baca Juga: Sempat Hampir Kosong, Asrama Haji Donohudan Boyolali Terima 36 Pasien Baru Covid-19

"Kegiatan penyisiran ke gereja-gereja dalam rangka antisipasi adanya barang berbahaya dan mengganggu Kamtibmas. Kegiatan ini sesuai dengan arahan Kapolres agar mewujudkan Kamtibmas," katanya kepada Solopos.com, Minggu.

Gereja yang disisir oleh petugas antara lain Gereja Hari Kudus, Gereja Kristen Jawa (GKJ), Gereja Paroki Kristus Raja, dan GBI Emunah Solo Baru.

Baca Juga: Viral Pengendara Motor Berkaus Polri Tak Pakai Helm di Sukoharjo, Ternyata...

Objek pengecekan meliputi halaman gereja, taman- taman, sudut-sudut ruangan, kursi, mimbar, dan lainnya. Dari hasil penyisiran, tidak ditemukan barang berbahaya.

Baca Juga: Setelah Fahri Hamzah, Giliran Sekjen Gerindra Muzani Temui Gibran di Solo, Ada Apa Ya?

Terkait pengamanan gereja lain, ia mengatakan juga melibatkan Polsek masing-masing wilayah. Aparat dalam melaksanakan pengamanan sekaligus dilakukan pendekatan dialogis jamaat mewujudkan Kamtibmas.

Baca Juga: PPDB Solo 2021: Anak Berkebutuhan Khusus Harus Jalani Assessment Dulu

Sebagaimana diberitakan, aksi bom bunuh diri terjadi di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021) sekitar pukul 10.28 Wita. Bom meledak saat terjadi pergantian ibadah misa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya