SOLOPOS.COM - Sejumlah waga membentangkan poster guna menyambut para pemudik, di Simpang Lima Sukoharjo Kota, Jumat (25/7/2014). (JIBI/Solopos/Iskandar)

Solopos.com, SUKOHARJO--Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya mengimbau para pemudik asal Sukoharjo yang saat pada Lebaran 2014 ini pulang ke kampung halaman, tidak kembali lagi ke tempat pekerjaannya di Jakarta atau tempat lainnya. Dia menyarankan para pemudik yang bara itu bekerja di Sukoharjo.

“Sekarang ini pertumbuhan ekonomi di Sukoharjo telah meningkat dan banyak pabrik berdiri di Sukoharjo yang butuh tenaga kerja. Kenapa harus bekerja ke luar daerah lain?” ujar dia ketika ditemui wartawan di Sukoharjo, Jumat (25/7/2014).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurut dia saat ini warganya yang merantau ke luar daerah untuk bekerja kira-kira 20 persen dari jumlah penduduk. Mereka mayoritas berasal dari daerah pinggiran bagian selatan seperti Bulu, Weru dan sebagainya yang wilayahnya tandus.

Dia menambahkan pekerjaan mereka di perantauan bermacam-macam. Berdasar informasi yang diperolehnya pekerjaan warganya yang merantau di berbagai daerah itu mayoritas bekerja di sektor informal. Di antaranya sebagai penjual bakso, jamu, pembantu rumah tangga dan sebagainya.

Sementara itu sejumlah warga Sukoharjo kemarin menggelar aksi menari dan memberi ucapan selamat datang kepada para pemudik di Simpang Lima Sukoharjo Kota. Mereka yang terdiri atas laki-laki dan perempuan itu menari sambil mengusung beberapa tulisan yang intinya menyambut kedatangan para pemudik.

“Aksi ini kami lalukan sebagai rasa peduli kami terhadap saudara-saudara kami yang pulang dari rantau. Selain itu kami juga ingin memberi hiburan kepada mereka yang tiba kembali di kampong halaman,” ujar pemrakarsa kegiatan, Bimo “Kokor” Wijanarko ketika ditemui wartawan di sela-sela kegiatan.

Sedangkan salah seorang peserta aksi lainnya Triyono, 54, warga Desa Jati, Kecamatan Bendosari mengaku sengaja menyambut para pemudik di Proliman Sukoharjo Kota, karena tempat itu dinilai banyak dilalui para pemudik. Mereka berharap para perantau bisa pulang selamat ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga.

Pada aksi kemarin sejumlah peserta membentangkan poster serta menyerukan ucapan selamat kepada pemudik. Selain itu mereka juga mengimbau mereka bisa selamat sampai ke tempat tujuan.

“Pemudik yang akan melintas di jalan-jalan di Sukoharjo sangat banyak, karena itu kami berharap mereka hati-hati agar selamat sampai tujuan,” papar Triyono.
Bupati Imbau Pemudik Tak Balik ke Ibu Kota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya