SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar sekaligus Sekretaris DPD I Partai Golkar Jateng, Juliyatmono. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pernyataan Bupati Karanganyar Juliyatmono soal Presiden 2024 tidak jauh dari wilayah Gunung Lawu mendadak viral di media sosial. Publik lantas mengasumsikan Presiden 2024 yang dimaksud Bupati adalah Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, yang notabene lahir di Tawangmangu, kaki Gunung Lawu. Apakah demikian?

Yuli, sapaan akrabnya, melontarkan peryataan itu saat berada di podium acara Musrenbangwil Sobosukawanasraten di Kabupaten Sragen pada Senin (13/3/2023) lalu. Dikonfirmasi maksud pernyataannya itu, Yuli menjawab diplomatis bahwa apa yang disampaikannya itu bukan bentuk dukungan ke salah satu nama bakal calon presiden (capres).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Maknanya itu luas. Ya siapa pun yang Tuhan nanti siapkan untuk jadi Presiden, itu tidak jauh dari wilayah Gunung Lawu,” kata Yuli kepada Solopos.com, Kamis (16/3/2023).

Menurutnya, hampir semua nama calon presiden (capres) yang saat ini mengemuka sudah pernah ke Karanganyar. Para calon tersebut juga tidak jauh dari wilayah Karanganyar. Ada nama Airlangga Hartarto, lanjut Yuli, merupakan trah Raden Mas Said atau keturunan Mangkunegara VI.

Ketua Umum Partai Golkar ini juga orang asli Klaten. Kemudian ada pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang  lahir di Tawangmangu.

“Airlangga Hartarto dekat dengan Gunung Lawu. Ia malah masih trah Mangkunegara. Pak Ganjar malah di bawah Gunung Lawu. Jadi dekat,” katanya.

Nama lainnya yang juga tak jauh dari Gunung Lawu adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Yuli menyebut AHY kerap bolak balik ke Karanganyar baik mendampingi Presiden ke-6 RI,  Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ataupun kunjungan pribadinya. Apalagi SBY asli Pacitan yang juga tidak jauh dari Gunung Lawu.

Begitu pula dengan Anis Baswedan yang beberapa kali ke Karanganyar. Lantas Yuli menyebut nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang sangat familiar di Karanganyar. “Pak Prabowo ini kan juga sering ke puncak Lawu. Ia juga lahir dari Banyumas. Tidak jauh lah dari Karanganyar juga,” sebutnya.

Yuli menyampaikan jika semua nama yang mencuat bakal maju dalam pemilihan Presiden 2024 pernah dan dekat dengan Kabupaten Karanganyar atau Gunung Lawu. Biasanya para calon ini mendapatkan spirit atau semangat dari Karanganyar.

“Bumi Karanganyar kan khusus ya, karismatik. Gunung Lawu itu juga karismatik. Itulah makanya, Brawijaya lima, juga berkontemplasi di Gunung Lawu. Pesona alamnya cukup menyenangkan semua,” kata dia.

Menurut Yuli bukan sebuah kebetulan Presiden Republik Indonesia hingga pemimpin besar bangsa tidak jauh berasal dari Gunung Lawu. Kakek Presiden Joko Widodo (Jokowi), merupakan Kepala Desa (Kades) Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar. Kemudian Soeharto yang lahir di Wonogiri dan SBY di Pacitan juga tak jauh dari Karanganyar.

“Jadi siapa pun nanti disiapkan untuk jadi presiden, itu tidak jauh dari wilayah-wilayah Gunung Lawu,” kata Sekjen DPD Partai Golkar Jawa Tengah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya